alexametrics
Liga 2019

Persebaya vs Persib: Djanur Punya Rekor Menjanjikan Lawan Mantan

5 Juli 2019, 12:30:26 WIB

JawaPos.com – Persib Bandung memiliki relasi yang begitu akrab dengan Persebaya Surabaya. Bukan hanya karena supporter kedua tim memiliki hubungan yang baik, melainkan juga lantaran sang pelatih, Djadjang Nurdjaman, terhitung sebagai legenda Persib.

Ya, pelatih yang disapa Djanur itu pernah membawa Maung Bandung juara. Tapi, tentu pertemuan kali ini bukan untuk reuni. Persebaya dituntut menang atas tamunya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, malam ini (siaran langsung Indosiar pukul 18.30 WIB).

 Kalau melihat performa Persebaya saat ini, maka ini bukan tugas mudah buat Djanur. Untungnya, dia memiliki rekor bentrok yang cukup apik melawan sang mantan. Sejak melatih Persebaya, dua kali Persib mampu ditundukkan.

Persebaya Surabaya

Pada putaran kedua musim lalu di Liga 1, Persebaya menang 4-1. Lalu, Green Force kembali menang 3-2 atas Persib tatkala bersua di Piala Presiden 2019 dengan skor 3-2.

Namun, yang patut diperhitungkan adalah Persib saat itu dilatih sosok yang berbeda dengan saat ini. Kali pertema bersua dilatih Mario Gomez, lalu di Piala Presiden 2019 dibesut Miljan Radovic. Kini, Robert Rene Alberts yang berada di belakang kemudi Persib.

Djanur tak ambil pusing soal siapa pelatih Persib. “Yang jelas kami butuh kemenangan di kandang,” kata pelatih 60 tahun itu.

Pelatih asal Majalengka itu juga juga meminta anak asuhnya menepikan memori manis saat bersua Persib. Sebab, Maung Bandung datang dengan motivasi tinggi. Kekalahan 1-2 oleh Bhayangkara FC (30/6) tak ingin dijadikan acuan. Justru, Djanur menganggap Persib kian berbahaya lantaran termotivasi bangkit. “Kami butuh kerja keras. Kalau seri, kami juga bisa habis,” jelasnya.

Kapten Persebaya Ruben Sanadi juga mewanti-wanti agar rekannya tak mudah lengah. Terutama soal konsentrasi di awal laga. Sebab, dari tujuh laga, tiga kali Green Force kebobolan saat laga baru berusia lima menit. “Kami sudah lakukan evaluasi. Besok (hari ini, Red) kami sudah siap dan akan fokus sejak menit awal. Kami harus waspada,” kata bek 32 tahun itu.

Di sisi lain, Robert Rene Alberts tak mau terpaku pada statistik kedua tim dalam bentrok sebelumnya. “Saya hanya ingin fokus melihat ke depan. Lupakan masa lalu,” tegasnya. Dia percaya anak asuhnya bisa memberikan kejutan. Meski mereka baru saja kalah di laga sebelumnya. “Kami harus bermain bagus dan memastikan tiga poin kami bawa pulang ke Bandung,” tambahnya.

Persib juga datang dengan kekuatan penuh. Striker Ezechiel N’douassel yang sempat diragukan tampil akibat cedera malah sudah pulih. Pemain 31 tahun itu sudah siap untuk turun. Lini tengah juga punya suntikan tenaga baru. Itu setelah gelandang Esteban Vizcarra berpeluang melakoni debut musim ini usai sembuh dari cedera lutut kanan.

Kehadiran Vizcarra membuat Robert Rene Alberts semringah. “Dia (Vizcarra) pemain bagus. Tipikal pemain yang enak untuk disaksikan,” kata pelatih asal Belanda itu. Kans mantan pemain Sriwijaya FC itu untuk tampil juga sangat besar. Tapi, Alberts tak ingin memaksa Vizcarra turun sejak menit pertama. “Mungkin dia bisa memulai laga dari babak kedua,” tambah mantan pelatih PSM Makassar itu.

Kondisi yang patut diwaspadai Green Force. Sebab, Persebaya malah kehilangan tiga pemain sekaligus. Osvaldo Haay, Oktafianus Fernando, dan Damian Lizio dipastikan absen. Meski begitu, Djanur sama sekali tidak risau. Untuk lini tengah, sudah ada Fandi Eko yang siap turun. Sementara Amido Balde jadi solusi absennya dua winger, Osvaldo dan Oktafianus. “Saya pastikan Balde turun sejak menit pertama,” kata Djanur.

Persib

Kepercayan Djanur kepada Balde memang cukup tinggi. Apalagi, striker asal Guinea-Bissau itulah yang menjadi penentu kemenangan 3-2 kontra Persela Lamongan (1/7). “Saya lihat kepercayaan diri Balde juga mulai tumbuh. Saya menang sudah siapkan dia untuk laga lawan Persib,” tambah mantan pelatih PSMS Medan itu.

 

 Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3) : 33-Miswar Saputra (g): 2-Novan Sasongko, 5-Otavio Dutra, 23-Hansamu Yama, 14-Ruben Sanadi (c): 27-Fandi Eko Utomo, 96-M. Hidayat, 6-Misbakus Solikin: 41-Irfan Jaya, 9-Amido Balde, 63-Manuchekhr Dzhalilov

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

 

Persib (4-3-2-1): 78-I Made Wirawan (g); 22-Supardi Nasir (c), 4-Bojan Malisic, 16-Achmad Jufriyanto, 3-Ardi Idrus; 82-Rene Mihelic, 24-Hariono, 71-Arthur Gevorkiyan; 13-Febri Hariyadi, 77-Ghozali Siregar; 10-Ezechiel N’duoassel

Pelatih: Robert Rene Alberts

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Live: Indosiar pukul 18.30 WIB

 


Persembahan untuk Suporter Indonesia

Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Pos dalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads