alexametrics
Bursa Transfer Liga 1

Tidak Masuk Proyeksi Pelatih Baru, Hamka Hamzah Batal Pensiun di Arema

5 Januari 2020, 07:00:21 WIB

JawaPos.com – Setelah Arema FC menang 2-0 atas Madura United di Liga 1 2019 lalu (8/11), Hamka Hamzah sempat mengutarakan akan pensiun. Namun, bukan untuk tahun ini. Sebab, di Liga 1 2020 ini, kapten Arema FC itu masih ingin menjadi pemain, hanya sebagai pelapis sambil mempersiapkan diri mengikuti kursus kepelatihan.

Hamka pun berharap bisa mengakhiri karir di Arema. Namun, keinginan pemain asal Makassar itu sepertinya tidak bisa kesampaian. Sebab, perjalanan Hamka Hamzah dengan Arema FC resmi berakhir. Pemain berusia 35 tahun itu kemarin (3/1) lewat akun Instagram-nya sudah pamitan untuk tidak berkostum Singo Edan lagi.

Arema FC

”Selera pelatih memang berbeda-beda, hal itu sangatlah wajar dalam sepak bola. Dan sukses selalu untuk kita semua,” tulisnya di akun Instragram-nya @hamka23hamzah. Pemain dengan nomor punggung 23 itu juga mengucapkan terima kasih untuk keluarga Arema FC. Serta meminta maaf pada para suporter.

”Mohon maaf apabila selama 1,5 musim saya masih banyak mengecewakan, khususnya untuk Aremania dan Aremanita,” lanjutnya. Saat dikonfirmasi terkait pamitannya, Hamka enggan membeberkan alasan secara pasti. Menurut dia, ini sudah menjadi jalan hidupnya yang harus berpindah dari skuad Singo Edan.

”Saya tidak ingin perpisahan ini menimbulkan pro dan kontra. Intinya saya pamit dari Arema,” jawabnya singkat. Nah, ke mana selanjutnya Hamka akan berlabuh, mantan pemain Persik Kediri itu masih enggan menjawab. Menurut dia, saat ini dia masih fokus menikmati liburan bersama keluarga.

Kepastian Hamka tidak akan berkostum Arema FC juga dibenarkan oleh General Manager Arema FC Ruddy Widodo. ”Apa pun itu sebenarnya Hamka musim depan tidak di Arema FC,” terangnya. Lebih lanjut dia mendoakan yang terbaik untuk mantan pemain yang sudah tidak memperkuat Singo Edan lagi untuk kompetisi Liga 1 ini.

Perjalanan Hamka dengan Arema bisa dibilang cukup panjang. Pada 2016 lalu, eks pemain Sriwijaya FC itu memperkuat Arema di Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Kebersamaan itu hanya bertahan satu musim. Hamka memilih kembali membela tim tanah kelahirannya, PSM Makassar.

Hamka baru kembali berkostum Singo Edan pada pertengahan Liga 1 2018 lalu. Selama 1,5 musim menjadi kapten Arema, tidak sedikit hal positif yang dipersembahkan. Mulai ikut mengangkat Arema dari papan bawah klasemen hingga bisa finis di posisi 6. Pada 2019, ikut mengantarkan Arema merebut trofi Piala Presiden.

Sementara ketika bermain di Liga 1 tahun lalu, dirinya bisa dikatakan cukup mempunyai banyak kontribusi. Di mana dari total 34 laga, dia bermain 26 kali dan mencetak 4 gol. Catatan itu membuat Hamka menjadi top score tim untuk posisi pemain belakang. Hamka juga leader yang mengangkat mental rekan-rekannya saat down.

Sementara itu, Media Officer Arema FC Sudarmaji menuturkan, kalau manajemen Singo Edan sangat mengapresiasi kinerja Hamka selama memperkuat tim. Menurut dia, dia mampu menjadi suri teladan untuk para pemain muda di skuad Singo Edan.

”Meski tidak masuk kerangka tim tahun ini, tapi Hamka telah mampu sebagai pendamping dan leader bagi pemain yang lain, utamanya anak-anak muda di Singo Edan,” ucap pria asal Banyuwangi itu.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : radar malang

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads