alexametrics
Bursa Transfer Liga 1

Miftahul Hadi Out dari Persebaya, Hendro atau Benny Jadi Pengganti?

5 Januari 2020, 17:00:38 WIB

JawaPos.com – Masa libur skuad Persebaya Surabaya berakhir hari ini. Penggawa Green Force –julukan Persebaya- kembali berlatih besok sore. Rencananya, latihan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Nah, dalam latihan itu, tim pelatih dipastikan sudah lengkap. Manajemen Persebaya memang melakukan perombakan jajaran pelatih jelang Liga 1 2020. Untuk asisten pelatih, nama Danur Dara dan Mustaqim akan masuk. Nantinya ada tiga asisten pelatih musim depan. Satu nama lagi adalah Bejo Sugiantoro. Sedangkan Uston Nawawi akan berkonsentrasi mengejar lisensi AFC Pro.

Persebaya Surabaya

Pelatih Persebaya Aji Santoso tak menampik hal itu. “Iya, Mas (ada tiga asisten).. Tapi soal nama saya belum bisa banyak komentar,” katanya kepada Jawa Pos. Mustaqim dan Danur Dara jelas sudah tak asing bagi pelatih 49 tahun itu. Keduanya pernah bekerjasama dengan Aji saat masih membesut Persela Lamongan.

Hanya, untuk posisi pelatih kiper ada nama baru yang muncul. Sebelumnya, nama Hendro Kartiko digadang menjadi pengganti Miftahul Hadi. Tapi, kemungkinan Hendro bergabung cukup tipis. Sebab, dia adalah pelatih kiper timnas U-23. Kabarnya, mantan pelatih kiper timnas putri Benny van Breukelen yang akan mengisi posisi itu.

Aji tak membantah soal kemungkinan Benny bergabung dengan Green Force. “Kalau ada kabar seperti itu, biarkan saja. Itu kan opini orang,” tambah mantan pelatih Arema FC itu. Menurutnya, kepastian siapa saja nama yang terpilih di jajaran pelatih masih akan dibahas siang ini. “Jadi Senin (6/1) sudah bisa dilihat siapa saja pelatih yang bergabung,” terang Aji.

Selain itu, ada beberapa staf pelatih yang ikut dilepas. Noor Arief Budiman dan Afif Kurniawan dipastikan hengkang. Noor Arief merupakan staf statistik. Sementara Afif adalah psikolog tim. Hal itu cukup mengejutkan. Sebab, keduanya sudah menjadi bagian Green Force sejak Liga 2 musim 2017.

Perubahan jajaran pelatih diharapkan membuat Persebaya kian solid. Apalagi, musim depan Green Force tak hanya fokus di Liga 1. Mereka juga akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Cup 2020. Untuk membentuk chemistry, Persebaya berencana melakukan training centre (TC) di Jogjakarta. TC akan dilakukan selama 10 hari, yakni 15-25 Januari mendatang.

TC sangat penting dilakukan. Sebab, banyak wajah baru yang bargabung. Selain staf pelatih, pemain juga kedatangan muka baru. Yang sudah resmi bergabung adalah Arif Satria, Ricky Kambuaya, dan Bayu Nugroho. Selain itu, TC juga bisa meningkatkan performa pemain muda. Maklum, Persebaya dipastikan mempertahankan pemain mudanya, yakni Supriadi, Koko Ari Araya, M. Kemaluddin, dan Ernando Ari Sutaryadi. “Persebaya punya banyak talenta muda, tentu saja itu harus dimaksimalkan,” jelas Aji.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/tom


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads