alexametrics
Liga 1 2019

Rendi Irwan Moncer Lagi di Persebaya karena Tak Dibebani Bertahan

4 Desember 2019, 17:00:04 WIB

JawaPos.com – Aji Santoso sudah melakoni lima laga bersama Persebaya Surabaya. Dalam lima laga tersebut, komposisi lini tengah selalu berubah. Tetapi, hanya Rendi Irwan, gelandang, yang selalu bermain dalam lima pertandingan tersebut.

Tiga laga di antaranya menjadi starter. Sementara itu, dua laga lainnya masuk sebagai pemain pengganti. Nah, dalam lima match itu pula, peran Rendi begitu terlihat. Dia mencetak gol perdana musim ini saat Persebaya bermain imbang 2-2 kontra Tira Persikabo. Terbaru, pemain 32 tahun tersebut mencatatkan assist untuk gol Irfan Jaya saat menang 3-2 atas Madura United (2/12).

Persebaya Surabaya

Bahkan, dalam laga kontra Madura United, Rendi bermain 90 menit. Itu adalah kali pertama dia bermain penuh musim ini. Aji punya alasan mengapa tak mengganti mantan gelandang Persik Kediri itu. ’’Peran Rendi cukup sentral di depan. Banyak serangan kami mengalir dari Rendi,’’ kata pelatih 49 tahun tersebut.

Selain itu, Rendi diberi peran baru. Dia tidak dibebani untuk menjaga pertahanan saat tim tengah diserang. Dia hanya cukup menunggu di depan bersama David da Silva. Kondisi itulah yang membuat Rendi tetap garang selama 90 menit. ’’Ternyata peran itu sangat efektif ya. Cara main bola bawah, kemudian possesion ke depan juga konsisten dilakukan,’’ tegas Aji.

Total, Rendi sudah turun selama 845 menit dalam 22 laga. Dia mencatatkan satu gol dan satu assist, serta melepaskan sebelas tembakan ke gawang. Rendi tak menampik disebut performanya sedang apik. Dia mengatakan hanya mencoba menjawab kepercayaan yang diberikan Aji kepadanya. ’’Walaupun Coach Aji selalu merotasi pemain, dia memberi kepercayaan dan meyakinkan pemain untuk bermain enjoy,’’ kata Rendi kepada Jawa Pos.

Apalagi, Rendi punya chemistry yang bagus dengan Aji. Maklum, sebelumnya Aji dan Rendi pernah bekerja sama. Yakni, di tim sepak bola PON Jatim 2008 serta di kompetisi IPL bersama Persebaya musim 2011. ’’Jadi sudah saling mengenal cara bermain,’’ tambah pemain asli Sidoarjo tersebut.

Dengan performa yang menanjak, Rendi bisa saja menjadi opsi utama meski sering ada rotasi. Apalagi, pemain di lini tengah memang banyak opsi. Itulah mengapa posisi starter trio lini tengah sering berubah. Soal itu, Aji punya alasan mengapa belum ada skuad inti di lini tengah. ’’Setiap saya pegang tim, saya selalu memasang pemain berdasar kondisi. Jadi, siapa pun yang saya pasang pasti dalam kondisi siap,’’ jelas Aji.

Keputusan itu membuat pemain yang jarang tampil mulai mendapat tempat. Sebut saja M. Alwi Slamat yang kini dipercaya sebagai gelandang bertahan. Sebelum kedatangan Aji, mantan pemain PSMS Medan itu selalu menjadi penghangat bangku cadangan. Kini Alwi sudah tampil dalam sembilan laga dan mencatatkan satu assist.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads