alexametrics
Liga 1 2019

Persela Menanti Kepastian Jadwal Pertandingan dari PT LIB

4 Oktober 2019, 16:30:57 WIB

JawaPos.com – Beberapa pertandingan Liga 1 yang sejatinya diadakan pekan ini ditunda. Operator kompetisi bergerak menyusun jadwal baru. Mereka pun mengeluarkan jadwal pengganti laga yang ditunda. Misalnya, pertandingan PSIS Semarang melawan Bali United. Namun, jadwal tunda partai Persija Jakarta kontra Persela Lamongan masih gelap. Alias, jadwal anyarnya belum muncul.

’’Sampai saat ini, kami belum menerima pemberitahuan (jadwal baru, Red),’’ kata Sekretaris Persela Muji Santoso. Begitu pun status laga itu nanti. Entah itu diselenggarakan di tempat netral atau tetap di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Persela Lamongan

Jika mengacu pada regulasi yang dibuat PT Liga Indonesia Baru (LIB), laga Persija kontra Persela nanti dilangsungkan di tempat netral. Sebab, penundaan dilakukan H-3 pertandingan. Padahal, batas paling lambat pemberitahuan kalau laga tidak bisa diadakan karena tidak terbitnya izin keamanan adalah H-7.

Bila melebihi batas tersebut, status pertandingan dikembalikan ke operator kompetisi. Operator kompetisi akan menetapkan laga berlangsung di tempat netral. Persela pernah mengalami kondisi tersebut. Tepatnya saat dijamu Perseru Badak Lampung FC pada 3 Agustus 2019. Saat itu pertandingan dibatalkan H-1. Laga kemudian dijadwalkan di tempat netral serta biaya transportasi dan akomodasi kesebelasan tamu ditanggung tuan rumah. ’’Soal laga lawan Persija ini, kami masih menanti kepastian jadwalnya,’’ ujar Muji.

Kepastian jadwal menjadi hal penting bagi Persela karena sangat berpengaruh pada program latihan tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut. Apalagi, jadwal Persela setelah rehat kompetisi karena agenda tim nasional (timnas) sangat padat. Setiap empat hari Eky Taufik dkk melakoni pertandingan hingga pertengahan Desember nanti.

’’Sebenarnya kami berharap ada kepastian. Dengan begitu, kami tahu pasti laga dipindah ke tanggal berapa dan di tempat mana,’’ jelas pelatih Persela Nil Maizar. Apakah pertandingan dihelat sebelum lawan PSIS yang dijadwalkan pada 19 Oktober 2019? ’’Kalau ternyata dimainkan sebelum lawan Semarang, kami kan bisa fokus ke Persija. Jika dimainkan setelah itu, tentu kami bisa langsung fokus ke PSIS dan Persebaya Surabaya (23/10),’’ papar Nil.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads