alexametrics
Liga 1 2019

Riedl Belum Tiba di Surabaya Saat Persebaya Melawan Kalteng Putra

4 September 2019, 18:15:30 WIB

JawaPos.com – Skuad Persebaya Surabaya sudah menikmati libur selama tiga hari. Mereka kembali melakukan latihan sore ini dan dipimpin asisten pelatih anyar Wolfgang Pikal.

’’Saya sudah ada di Surabaya,’’ kata asisten pelatih 51 tahun itu. Pikal bakal memimpin latihan dengan asisten lainnya, Bejo Sugiantoro. ’’Karena Coach (Alfred) Riedl belum datang kan,’’ tambah pelatih berpaspor Austria tersebut. Menurut dia, Riedl belum datang dalam waktu dekat.

Lantas, kapan Riedl tiba di Surabaya? Pikal belum bisa memastikan. Dia hanya menyebut Riedl mungkin tiba 2–3 pekan ke depan. Artinya, dia masih akan absen saat Persebaya melakoni laga pertama di putaran kedua kontra Kalteng Putra (13/9). ’’Mungkin pertandingan pertama (melawan Kalteng Putra) belum datang. Masih ada urusan, tapi dia berusaha (ke Surabaya) secepatnya,’’ tambah Pikal.

Tapi, hal itu, tampaknya, tidak akan menjadi masalah. Apalagi, performa Green Force –julukan Persebaya– memang tengah menanjak. Terakhir, mereka mampu menumbangkan Bhayangkara FC 2-0 (31/8). Pikal sudah melihat langsung laga itu di Stadion Patriot, Bekasi. Menurut dia, skuad Persebaya punya potensi bagus.

Saat ditanya soal kemungkinan mendatangkan pemain baru, Pikal enggan terbuka. ’’Saya tidak bisa berkomentar karena ini lagi proses,’’ jelasnya. Tapi, dia menilai tidak mudah berburu pemain dengan kualitas bagus di putaran kedua. Sebab, rata-rata mereka sudah memiliki klub.

Meski begitu, penambahan pemain tetap akan dilakukan. Sebab, Pikal sudah melakukan analisis dengan Riedl. Menurut dia, Persebaya akan mengalami kesulitan jika pemainnya dipanggil timnas. ’’Kalau ada panggilan timnas senior, U-22, dan U-19, setidaknya ada tujuh pemain kami yang absen,’’ katanya.

Sejauh ini, Persebaya punya empat pemain yang pernah dipanggil timnas senior. Mereka adalah Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, dan Irfan Jaya. Untuk timnas U-22, ada Osvaldo Haay dan Rachmat ’’Rian’’ Irianto. Sementara itu, M. Supriadi menjadi langganan skuad timnas U-19.

Yang jadi masalah, Osvaldo dan Rian bisa saja absen lama. Sebab, keduanya punya kans masuk skuad timnas U-23 untuk ajang SEA Games di Filipina. Padahal, Rian maupun Osvaldo punya statistik bagus bersama Persebaya. Osvaldo merupakan tandem David da Silva di lini depan. Dia tampil dalam 14 laga dan mencetak 2 gol. Sementara itu, Rian mencetak 1 gol, 24 intersep, dan melakukan 20 sapuan dari 12 laga. ’’Tapi, kami tidak boleh komplain. Harus bisa cari solusi,’’ terang Pikal.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads