alexametrics
Piala AFF U-19 2022

Shin Tae-yong Minta Suporter Indonesia Mengubah Budaya Buruk

4 Juli 2022, 14:49:46 WIB

JawaPos.com-Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) senang dengan hadirnya belasan ribu pendukung Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7) malam dalam pertandingan melawan Vietnam U-19.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa tersebut.

Namun, STY senang sekaligus kecewa karena ada red flare yang menyala di tribun selatan dan utara.

”Hal itu mengurangi fokus para pemain kami pada menit-menit akhir pertandingan. Kami mohon agar itu tidak diulangi lagi,” ucap mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

STY meminta para suporter di Indonesia, khususnya suporter timnas Indonesia, mengubah budaya tersebut. Red flare sangat merugikan tim. Red flare juga akan mendatangkan sanksi bagi PSSI.

”FIFA sangat keras menentang red flare. Jadi, saya mohon para fans mengubah budaya sedikit demi sedikit,” tegasnya.

Salah satu titik nyala red flare terjadi di tribun selatan Stadion Patriot. Dalam pertandingan Indonesia U-19 melawan Vietnam U-19, tribun tersebut diisi Ultras Garuda.

Humas Ultras Garuda Rifky Choirudin meminta maaf atas kejadian tersebut.

”Jauh sebelum match tersebut dimulai, kami sudah mengimbau melalui grup WhatsApp agar jangan ada yang menyalakan red flare. Namun, ada oknum yang menyalakan red flare. Kami langsung melakukan penindakan,” ucap Rifky.

Rifky berharap tidak ada lagi red flare menyala di pertandingan-pertandingan timnas selanjutnya. ”Kami selalu kooperatif membangun komunikasi yang intens dengan pihak keamanan,” imbuhnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c6/ali

Saksikan video menarik berikut ini: