alexametrics
Piala AFF U-19 2022

Fokus Utama Shin Tae-yong saat Timnas U-19 Berhadapan dengan Brunei

4 Juli 2022, 14:04:26 WIB

JawaPos.com-Piala AFF U-19 2022 sangat menguras energi. Baru Sabtu (2/7) malam bertanding melawan Vietnam, malam ini (4/7) tim nasional (timnas) Indonesia U-19 harus kembali bertanding.

Untung, saat kelelahan melanda, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan yang di atas kertas levelnya di bawah Vietnam U-19, yaitu Brunei Darussalam. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, pukul 20.00 WIB (live Indosiar).

Timnas U-19 diyakini bisa menang mudah atas Brunei Darussalam U-19. Mental Brunei sedang terpuruk pasca kekalahan telak 0-7 saat melawan Myanmar.

Kekalahan itu membuat Brunei menempati posisi juru kunci grup A.

Pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong (STY) melihat ada peluang yang bisa dimaksimalkan saat timnya bertemu Brunei. Namun, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu tidak mau terlalu memikirkan kondisi tim lawan. Fokusnya adalah memperbaiki kreativitas serangan Indonesia.

”Brunei Darussalam kalah telak saat kami bermain seri melawan Vietnam. Jadi, kami punya pekerjaan rumah sendiri yang harus diselesaikan,” ucap mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

Pekerjaan rumah STY menjelang pertandingan melawan Brunei bukan hanya mencetak gol. Mantan pemain Queensland Roar itu juga harus memikirkan rotasi. Terlebih, lini belakang Indonesia tidak diperkuat Muhammad Ferarri. Center back asal Persija Jakarta tersebut dibekap cedera hamstring saat melawan Vietnam.

Hamstring termasuk cedera parah. Perlu waktu kira-kira sebulan untuk bisa pulih. Jadi, Ferarri tidak bisa main untuk pertandingan selanjutnya,” terang mantan pelatih timnas Korea Selatan U-20 tersebut.

Salah satu opsi STY untuk menggantikan peran Ferarri adalah Marcell Januar Putra. Pemain asal Persis Solo tersebut sudah dicoba untuk menggantikan Ferarri dalam laga kontra Vietnam. Jebolan Bali United junior itu dinilai sukses menjalankan tugasnya dalam skema 3-4-3.

”Kami akan menyiapkan strategi terbaik meski beberapa posisi akan dirotasi,” tegas pelatih 52 tahun tersebut.

Gelandang Indonesia Marselino Ferdinan berharap pertandingan melawan Brunei menjadi titik balik kebangkitan skuad Garuda Muda. Pemain asal Persebaya Surabaya itu tidak mau Indonesia kehilangan tiga poin dalam sisa pertandingan fase grup. Termasuk saat melawan Brunei.

”Karena itu, saya meminta teman-teman untuk tetap fokus pada diri sendiri. Tidak usah memikirkan kondisi tim lawan. Tidak perlu meremehkan tim lawan. Kami fokus saja menjalankan strategi pelatih,” ucap adik kandung gelandang PSIS Semarang Oktafianus Fernando tersebut.

Menurut Marselino, Indonesia masih punya peluang untuk bersaing memperebutkan tiket ke semifinal. ”Yang terpenting, kami harus bekerja keras dan bertanding dengan motivasi tinggi,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih timnas Brunei Darussalam U-19 Faizalani Abdul Ghani menilai pertandingan melawan Indonesia tidak mudah. Apalagi, Indonesia akan bermain di hadapan suporternya dan Brunei baru menelan kekalahan telak.

”Tim kami kurang persiapan. Tidak seperti Indonesia. Persiapan mereka sangat matang. Tapi, semoga kami bisa memberikan persaingan yang ketat. Para pemain juga bisa mendapatkan pengalaman berharga,” ujarnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c9/ali

Saksikan video menarik berikut ini: