alexametrics

Alasan Persebaya Meminjamkan Jebolan Garuda Select ke Tim Luar Jatim

4 Juli 2022, 19:43:54 WIB

JawaPos.com-Fernando Pamungkas tidak dibawa dalam training center (TC) di Jogjakarta. Pemain 18 tahun itu sengaja ditinggal di Surabaya. Kenapa? Klub memang akan meminjamkan jebolan Garuda Select II tersebut.

Lalu, ke mana Fernando dilepas? Persebaya sudah deal dengan salah satu klub Liga 2.

”Fernando akan kami pinjamkan ke Nusantara United untuk musim ini. Tadi (kemarin, Red) dia juga sudah pamitan ke saya dan rekan satu tim,” kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos. Artinya, Fernando sudah menjadi bagian Nusantara United.

Aji memang sengaja memilih klub yang musim lalu bernama Mataram Utama tersebut. ”Tujuan utamanya adalah Fernando mendapat jam terbang. Apalagi, musim ini kami memiliki 32 pemain. Tidak mudah untuk bersaing,” jelas pelatih 52 tahun itu.

Bahkan, kabarnya akan ada satu pemain lagi yang dilepas dengan status pinjaman. Dari info yang digali Jawa Pos, Dicky Kurniawan bakal dipinjamkan. Klub tujuannya adalah Gresik United. Menyusul Akbar Firmansyah dan Ruy Arianto yang lebih dulu dikabarkan dipinjamkan ke Gresik United.

Namun, Aji belum bisa memberi kepastian. ”Untuk sementara, kami lihat dulu perkembangan pemain seperti apa,” ujar pelatih asal Kabupaten Malang tersebut.

Praktis, hanya Fernando yang dipinjamkan ke tim luar Jawa Timur. Meski begitu, Fernando bisa bereuni lebih cepat. Sebab, besok (5/7) pagi Persebaya melakoni uji coba melawan Nusantara United.

Sebelum itu, Green Force –julukan Persebaya– menjajal tim Porda Sleman. Aji memang sengaja melakukan dua uji coba dalam dua hari.

”Pemain kami ini kan banyak. Saya ingin mencoba semua pemain untuk tampil selama 90 menit. Melihat kemampuannya. Jadi, kalau satu kali uji coba, rasanya belum cukup,” ungkap mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Aji ingin seluruh pemainnya bisa klop satu sama lain. Apalagi, musim depan ada turnamen Piala Indonesia. ”Di belakang, siapa pun yang duet harus siap. Entah Rizky Ridho dengan Leo Lelis atau Zaenuri dengan Dandi (Maulana). Harus paham satu sama lain,” tegas Aji.

Karena itu, chemistry antar pemain digenjot selama TC. Beruntung, Aji sudah melihat perkembangan bagus pada anak asuhnya. ”Sudah ada progres yang sangat bagus. Kerja sama tim sudah mulai matang,” jelasnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c14/ali

Saksikan video menarik berikut ini: