alexametrics
Piala Presiden 2019

Belum 100 Persen di Final, Arema Sudah Ancang-ancang Hadapi Persebaya

4 April 2019, 15:01:35 WIB

JawaPos.com – Dua leg pertama semifinal Piala Presiden 2019 sudah selesai dilangsungkan. Persebaya Surabaya dan Arema FC sama-sama meraih kemenangan dari lawan-lawannya, Madura United dan Kalteng Putra. Meski belum pasti bertemu di final, Arema sudah bersiap jika harus menghadapi Persebaya.

Arema FC memang belum sepenuhnya menggenggam tiket ke partai final Piala Presiden. Tapi, kemenangan 3-0 yang diukir atas Kalteng Putra pada leg pertama babak semifinal, Selasa (2/4), membuat Arema seolah sudah menginjakkan satu kaki di babak final.

Seperti diketahui, final Piala Presiden 2019 akan menggunakan format home & away. Jadwalnya pun sudah ditentukan. Leg pertama digelar 9 Maret, dan leg kedua pada 12 Maret.

Ketua panitia pelaksana (panpel) pertandingan Arema FC, Abdul Haris menyatakan bahwa pihaknya sudah mulai menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menghelat partai final. ”Kami juga akan intens koordinasi dengan semua elemen,” kata Haris, Rabu (3/4).

Persiapan memang harus lebih intens karena peluang bertemu Persebay di final cukup terbuka. Seperti diketahui, selama ini kedua tim terlibat rivalitas yang mengakar. ”Kalau lawan Persebaya, security harus maksimal. Baik itu pengamanan tertutup atau terbuka,” ujar Haris.

Koordinasi dengan Aremania juga amat penting dilakukan. ”Kami tidak ingin yang terjadi sebelumnya terulang,” kata pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malang ini.

Laga terakhir Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, 6 Oktober lalu, memang meninggalkan kesan negatif bagi Arema. Insiden yang terjadi di laga itu membuat Singo Edan harus menanggung konsekuensi besar. Arema dihukum berlaga tanpa penonton hingga Liga 1 2018 berakhir.

Hal ini jelas harus dipertimbangkan secara matang. Apalagi, laga final pastinya menyedot animo penonton, siapa pun lawannya.

Pada babak semifinal saja, animo Aremania untuk datang ke stadion terbilang tinggi. Sedikitnya, ada 29.285 penonton yang hadir di stadion pada leg pertama semifinal. Ini menjadi jumlah penonton terbanyak untuk laga Arema FC selama perhelatan Piala Presiden.

Dari laga melawan tim asal Kalimantan Tengah lalu, pendapatan tiket sekitar Rp 736 juta. ”Itu pendapatan kotor belum dipotong pajak dan operasional,” kata dia.

Dia pun berharap, suksesnya penyelenggaraan leg pertama semifinal bisa berlanjut ke final. ”Kami apresiasi rekan-rekan (Aremania) dengan semangatnya yang tak kenal lelah. Mudah-mudahan tidak ada flare lagi di pertandingan selanjutnya. Termasuk smoke karena bisa berakibat sanksi,” ungkap Haris.

Sementara itu, terkait harga tiket untuk final, panpel masih belum menentukannya. ”Nanti setelah lolos baru koordinasi apakah harganya tetap atau naik,” pungkasnya.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : adk/c2/muf