alexametrics
Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Datang Lebih Awal Agar Tak Dibantai seperti Lawan Jordania

3 Oktober 2019, 16:00:10 WIB

JawaPos.com – Timnas Indonesia memang baru bertanding dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada 10 Oktober mendatang dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, skuad Garuda memutuskan berangkat lebih awal. Tadi malam Stefano Lilipaly dkk sudah berangkat ke Dubai, UEA. Mereka dijadwalkan tiba pagi hari ini.

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy menjelaskan alasan timnya memilih berangkat delapan hari sebelum pertandingan digelar. Dia belajar dari pengalaman saat away pada laga uji coba melawan Jordania 11 Juni lalu. Karena jadwal keberangkatan yang mepet atau tiga hari sebelum bertanding, timnas saat itu akhirnya menelan kekalahan telak 1-4.

”Padahal, saat itu kami siapkan training camp yang panjang. Tapi, karena suatu hal, itu (hasil training camp, Red) tidak bisa terjadi. Ya, tahu sendiri bagaimana hasilnya saat itu. Kami tidak mau mengulangi hasil buruk itu saat melawan UEA,” papar Simon.

Jika datang lebih awal, pemain diharapkan bisa beradaptasi lebih lama. ”Kami juga punya rencana beruji coba dengan klub lokal sebelum pertandingan. Tidak banyak, mungkin hanya sekali,” ungkapnya.

Pelatih yang membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017 tersebut menyadari keunggulan UEA. Karena itu, Simon tak berani memberikan jaminan kemenangan. ”Yang jelas, kami ingin bermain lebih kompetitif melawan UEA. Itu target kami. Mungkin banyak yang berkata tidak realistis (menang, Red). Tapi, dari dalam hati, kami juga masih percaya bisa menang,” katanya.

Sementara itu, Yanto Basna dan Manahati Lestusen dijadwalkan menyusul ke Dubai. Yanto masih berada di Thailand. Sedangkan Manahati masih bersama keluarganya di Ambon yang baru terkena bencana gempa.

Sebelum bertolak ke Dubai, timnas sempat menggelar latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. Beberapa nama baru sudah bergabung. Antara lain Wawan Febriyanto, Wawan Hendrawan, Dendi Santoso, Lerby Eliandry, Abduh Lestaluhu, Bayu Pradana, dan Rezaldi Hehanusa.

Rezaldi yang sudah tujuh bulan absen dari timnas mengaku siap jika diturunkan melawan UEA. ”Mental sudah bagus. Semoga lawan UEA bisa bantu tim meraih kemenangan,” harap bek Persija Jakarta itu.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads