alexametrics
Liga 2

Ayo Persebaya Tuntaskan Pekan Ini!

3 Oktober 2017, 12:32:02 WIB

JawaPos.com- Tidak hanya berkuasa di klasemen sementara grup C babak 16 besar Liga 2, Persebaya Surabaya juga menjadi tim yang paling produktif di antara semua kontestan 16 besar dari empat grup. Tercatat, klub berjuluk Green Force itu telah menyarangkan 10 gol dan hanya kebobolan 1 kali dalam tiga laga.

Tentu saja itu modal berharga bagi Persebaya dalam upaya untuk segera lolos ke delapan besar. Dengan tiga laga tersisa, peluang itu terbuka lebar. Bahkan, pekan ini tim asuhan Angel Alfredo Vera tersebut sudah bisa memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

Sekarang Persebaya memimpin dengan 7 poin. Dengan sisa tiga laga, secara matematis, klub kebanggaan Kota Pahlawan itu hanya butuh 4 angka lagi untuk lolos. Artinya, dengan dua laga yang digelar pada pekan ini, kepastian lolos sudah bisa diraih akhir pekan nanti.

Ya, pada pekan ini Persebaya akan bertandang ke Persigo Semeru FC (4/10) dan PSBS Biak (8/10). Praktis, dari dua laga itu, Persebaya hanya butuh sekali menang dan sekali imbang. Maka, salah satu tiket dari dua tiket yang diperebutkan di grup C akan menjadi milik Persebaya.

Dengan tren performa yang sedang menanjak, peluang lolos pekan ini semakin terbuka. Apalagi, Persebaya memiliki begitu banyak variasi serangan dan opsi pemain. Tercatat, musim ini ada 13 pemain yang pernah mencetak gol untuk Persebaya. Termasuk Mardiono yang telah pindah ke PSS Sleman.

Itu bukti bahwa sama sekali tidak ada ketergantungan dalam mencetak gol kepada satu atau dua pemain saja. Semua striker Persebaya pernah mencetak gol. Rishadi Fauzi mencatat 4 gol, Ricky Kayame 3 gol, dan Yogi Novrian 2 gol. Tapi, kolektor gol terbanyak adalah Misbakus Solikin (12 gol) yang berposisi gelandang.

Bahkan, bek tengah seperti Fandry Imbiri dan M. Syaifuddin pernah mencatatkan namanya di papan skor. Situasi itulah yang membuat para pemain Persebaya yakin bisa segera lolos. ”Saya yakin kami bisa lolos ke delapan besar,” kata Fandry Imbiri, bek Persebaya asal Papua.

Fauzi yang kembali mencetak gol dalam laga terakhir melawan Persigo Semeru FC (30/9) juga menilai kesempatan sedang terbuka untuk Persebaya. ”Kesempatan yang ada harus langsung diambil. Kalau bisa lolos secepatnya, maka harus segera direbut agar ke depannya lebih tenang,” ujarnya.

Namun, Green Force tetap harus waspada terhadap dua lawan berikutnya. Apalagi, Persigo Semeru berada dalam situasi menang atau lewat. ”Kami punya dua laga kandang lagi. Itu harus dimanfaatkan betul untuk bisa dapat poin penuh. Termasuk melawan Persebaya,” kata pelatih Persigo Semeru FC Putut Widjanarko.

”Setelah itu, away melawan Kalteng Putra (8/10) juga harus dapat poin. Satu atau tiga poin akan membantu. Laga ini sebenarnya kunci. Tapi, alangkah baiknya kalau kami bisa mendapat poin maksimal dalam tiga laga sisa. Itu akan membuat tim ini lebih tenang,” lanjut mantan pemain Persebaya tersebut.

Sementara itu, PSBS Biak yang peluangnya sudah sangat tipis juga tak boleh diremehkan. ”Bukan saya tidak yakin, tapi memang sulit bagi kami lolos ke delapan besar. Tiga laga tersisa saya rasa tidak akan mudah dilalui. Dua kali tandang dan cuma satu kali sebagai tuan rumah,” kata pelatih PSBS Frengky Rudi Samai.

Editor : admin

Reporter : (rid/dit/c9/ham)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads
Ayo Persebaya Tuntaskan Pekan Ini!