alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya Belum Daftarkan Aryn, Pencoretan Tunggu Kepastian Dutra

3 September 2019, 17:00:22 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya mendatangkan Aryn Williams pada 27 Agustus 2019. Meski sudah diikat kontrak, gelandang asal Australia itu sampai sekarang ternyata belum didaftarkan sebagai pemain Persebaya untuk kompetisi Liga 1 musim 2019.

”Yang ada di website (Liga Indonesia) itu daftar pemain mereka. Jika ada nama baru yang muncul, maka itu sudah sah didaftarkan,” terang Media and Public Relation PT Liga Indonesia Baru (LIB) Hanif Marjuni kemarin (2/9).

Persebaya Surabaya

Hingga tadi malam di website resmi operator Liga 1 memang belum ada nama Aryn. Hanya ada nama David da Silva sebagai pemain anyar Persebaya yang ada dalam daftar tersebut. Di website tersebut tercantum empat pemain asing yang dimiliki Green Force, julukan Persebaya. Selain Da Silva, tiga lainnya adalah Otavio Dutra, Damian Lizio, dan Manuchekhr Dzhalilov.

Itu berarti, kuota 4 pemain asing, dengan komposisi 1 pemain Asia dan 3 pemain non-Asia, Persebaya masih terpenuhi. Jika ingin mendaftarkan nama Aryn, tentu tim asal Kota Pahlawan tersebut harus mengurangi empat nama pemain asing yang sudah ada.

Sejauh ini hanya Amido Balde dan Nelson Alom yang statusnya sudah dicabut Persebaya,” terang Manajer Kompetisi PT LIB Asep Saputra. Posisi yang ditinggalkan Balde kini sudah diisi Da Silva. Penjelasan Asep itu sekaligus menepis rumor yang beredar selama ini. Yakni, Persebaya telah mencoret beberapa pemain lokal. Salah satunya yang santer disebut adalah Elisa Basna.

Penjelasan itu juga untuk sementara menepis rumor bahwa Persebaya akan mendatangkan pemain asing lagi setelah merekrut Aryn. Sebab, sampai saat ini saja ternyata Persebaya belum mencabut status satu di antara tiga pemain asing lama agar slotnya bisa diisi Aryn.

Manajemen Persebaya pun tidak menampik bahwa sampai saat ini belum mendaftarkan gelandang bertahan berusia 25 tahun tersebut. ”Kami memang belum mendaftarkannya. Sejauh ini kami masih melakukan evaluasi,” kata Sekretaris Persebaya Ram Surahman.

Ram menyebut manajemen Persebaya juga masih menunggu proses naturalisasi Dutra. Saat ini mereka masih terus mengupayakan agar proses naturalisasi tersebut segera rampung. Persebaya berkejaran dengan waktu pendaftaran pemain baru yang akan ditutup pada 16 September 2019.

”Jika proses naturalisasi Dutra bisa selesai sebelum pendaftaran ditutup, slot yang ditinggalkan bisa diisi satu pemain asing,” paparnya. Aryn akan dioptimalkan untuk mengisi slot itu. Tapi, jika naturalisasi Dutra tidak kunjung selesai, Persebaya harus mencoret salah seorang pemain asingnya. Itulah yang kini disebut Ram sedang didiskusikan manajemen Persebaya.

Sementara itu, kemarin Otavio Dutra bertemu Komisi III DPR. Dalam akun Instagram-nya, pemain asal Brasil itu mengucapkan terima kasih kepada Komisi III, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta pihak-pihak terkait lainnya yang sudah membantu proses naturalisasinya. Tampaknya, proses naturalisasi Dutra yang sempat tersendat sudah tidak ada masalah lagi.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads