alexametrics

Persebaya Bisa Disebut Miniatur Timnas U-16 yang Juara AFF Cup 2018

3 Mei 2022, 07:55:11 WIB

JawaPos.com-Nuansa timnas junior begitu kental di skuad Persebaya Surabaya musim depan. Bahkan, Green Force bisa disebut “miniatur” timnas U-16 yang juara Piala AFF 2018. Itu setelah mereka kedatangan Brylian Aldama dan Andre Oktaviansyah.

Mereka bereuni dengan Ernando Ari dan M. Supriadi. Empat pemain tersebut adalah jebolan timnas U-16 di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Adanya alumnus timnas U-16 itu benar-benar disambut baik oleh sang pelatih Aji Santoso. Pelatih 51 tahun tersebut berharap mental juara mereka mampu dibawa ke dalam skuad Persebaya.

“Saya punya keyakinan kuat dengan empat pemain yang pernah membawa timnas U-16 juara ini,” kata Aji saat dihubungi Jawa Pos. Pernah bermain satu tim membuat Aji juga pede soal kekompakan empat pemain itu.

“Paling tidak mereka sudah pernah main sama-sama. Jadi seharusnya sudah saling memahami,” imbuh pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut.

Aji tinggal mematangkan saja. “Makanya, saya akan lihat bagaimana chemistry mereka saat latihan nanti,” bebernya. Dia berharap empat pemain itu bisa saling melengkapi. Sehingga Aji tinggal memoles dengan gaya bermain khas Suroboyoan.

“Saya yakin mereka bisa berbuat sesuatu untuk tim di kompetisi nanti,” tegas mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Hanya, Aji meminta empat pemain itu lebih bekerja keras. Sebab, mereka tidak lagi bermain di level kelompok umur.

“Saya sampaikan bahwa pertandingan di kelompok umur dan senior sangat berbeda. Akan ada tantangan yang lebih besar. Meskipun tidak mudah, saya yakin mereka bisa,” harap bapak lima anak tersebut.

Aji tidak berani menggaransi apakah empat pemain itu akan selalu masuk sebagai starter. Tapi, yang jelas, dia memastikan bakal memberikan kesempatan tampil kepada siapa pun yang memberi 100 persen saat latihan.

“Bagi saya sepak bola tidak perlu melihat usia. Kalau memang ada pemain muda yang layak tampil di tim senior, saya akan siap memberikan kesempatan. Contohnya ya Marselino (Ferdinan) itu. Dia tampil luar biasa musim lalu di usia 17 tahun,” beber pelatih terbaik Liga 1 2021–2022 tersebut.

Brylian mengaku sudah tidak sabar memulai musim baru. Dia juga sangat antusias menanti program latihan yang akan diberikan Aji.

“Saya sudah tidak sabar bertemu tim dan dilatih langsung oleh coach Aji. Alhamdulillah, coach Aji juga menyempatkan hadir saat ada turnamen di Jakarta. Sayang, saya belum sempat bertemu langsung dengan beliau,” jelas mantan pemain HNK Rijeka itu.

Skuad Green Force saat ini masih diliburkan. Belum ada aktivitas yang dilakukan. Tim baru akan menggelar latihan pada 9 Mei. Artinya, Persebaya punya waktu sekitar dua bulan untuk menyiapkan tim menjelang Liga 1 musim depan.

“Karena banyak pemain baru di Persebaya, chemistry harus dibangun. Tapi, saya rasa waktu dua bulan cukup lah,” papar Aji.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c9/ali

Saksikan video menarik berikut ini: