alexametrics
Liga 1 2019

Madura United vs Persebaya: Awas, Kejutan dari Tuan Rumah

2 Desember 2019, 12:00:40 WIB

JawaPos.com – Musim ini Madura United menjadi lawan langganan Persebaya Surabaya. Bentrokan kedua tim bertajuk Derbi Suramadu di Stadion Gelora Bangkalan nanti (live Indosiar pukul 18.30 WIB) menjadi duel keenam (2 kali bertemu di Piala Presiden, 2 kali Piala Indonesia, dan 2 kali Liga 1).

Di lima pertemuan sebelumnya, Persebaya lebih unggul. Green Force –julukan Persebaya– meraih dua kemenangan. Madura United hanya sekali menang. Dua laga lainnya berakhir imbang.

Madura United

Bagaimana hasil pertemuan malam nanti? Kans Persebaya menambah keunggulan masih terbuka. Sebab, mereka datang dengan kepercayaan diri tinggi. Dari empat pertandingan terakhir, Green Force belum ternoda. Ruben Sanadi dkk meraih dua kali kemenangan dan dua imbang.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan tuan rumah. Laskar Sape Kerrab –julukan Madura United– selalu kalah di empat laga terakhir. Mereka kebobolan sembilan gol dan hanya mencetak satu gol.

Meski begitu, asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro ogah pongah. Dia menilai Madura United bisa saja memberi kejutan. Apalagi, duel malam ini menjadi laga kandang terakhir Madura United musim ini. ’’Kami tidak bisa memandang dari head-to-head saja. Kami fokus ke tim dan punya gaya main sendiri yang siap diaplikasikan di lapangan,’’ kata Bejo.

Persebaya akan tampil dengan kekuatan prima. Mereka hanya minus Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto yang memperkuat timnas U-23.

Persebaya Surabaya

Sementara itu, Madura United tidak dapat diperkuat Jaimerson Xavier. Bek asal Brasil itu absen lantaran terkena akumulasi kartu. Padahal, dia selalu menjadi pilihan utama. Dia mencatatkan 83 intersep dan 83 sapuan dari 24 pertandingan.

Kondisi itu disadari pelatih Madura United Rasiman. Karena itu, dia meminta anak asuhnya berfokus dan menepikan hasil minor sebelumnya. ’’Kami sedang berada dalam periode tantangan yang berat,’’ ujar pengganti Dejan Antonic tersebut.

Menurut dia, kans Madura United untuk membuat kejutan masih terbuka lebar. ’’Syaratnya, pemain harus kerja keras. Mereka harus mau mati-matian kalau ingin hasil bagus,’’ tutur Rasiman.

Bek Madura United Ante Bakmaz siap tampil maksimal. Pemain asal Australia itu menilai bahwa laga kontra Persebaya adalah momen tepat untuk mengakhiri tren negatif. Dia yakin Madura United memiliki pemain berkualitas yang bisa membawa timnya meraih tiga angka. ’’Kualitas individu di Persebaya bagus. Tapi, kami memiliki banyak pemain yang kualitasnya tak kalah bagus. Kami harus fight di lapangan,’’ tegas Bakmaz.

Karena bermain di kandang, Bakmaz mengharapkan dukungan maksimal dari suporter, K-Conk. ’’Kami tahu relasi K-Conk dan Bonek sangat bagus. Tapi, di lapangan, kami bakal tetap tampil habis-habisan,’’ ucap pemain 27 tahun tersebut.

Kemenangan akan dipersembahkan bagi suporter di laga kandang pemungkas. Sebab, setelah ini Madura United melakoni empat laga away beruntun.

Perkiraan Pemain

Madura United (4-3-3) : 20-M. Ridho (g); 22-Marckho Sandy, 28-Ante Bakmaz, 23-Kadek Raditya, 6-Andik Rendika Rama; 10-Slamet Nurcahyo, 4-Asep Berlian, 8-Diego Assis; 11-Greg Nwokolo (c) , 9-Aleksandar Rakic, 27-Andik Vermansah
Pelatih : Rasiman

Persebaya (4-3-3) : 33-Miswar Saputra (g); 22-Abu Rizal Maulana, 23-Hansamu Yama, 29-M. Syaifuddin, 14-Ruben Sanadi (c); 27-Fandi Eko, 88-M. Alwi Slamat, 28-Aryn Williams; 41-Irfan Jaya, 7-David da Silva, 90-Diogo Campos
Pelatih : Aji Santoso

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads