alexametrics
Liga 1 2019

Bali United Juara Liga 1, Semen Padang Semakin Dekat ke Liga 2

2 Desember 2019, 17:59:07 WIB

JawaPos.com – Selesai sudah persaingan di Liga 1 musim ini. Bali United keluar sebagai juara baru. Meski masih empat pekan tersisa, tapi perolehan poin klub berjuluk Serdadu Tridatu itu tak lagi mungkin terkejar oleh pesaing terdekatnya, Borneo FC ataupun Persipura Jayapura.

Dengan kemenangan 2-0 atas Semen Padang, Bali United mengemas 63 poin. Borneo tertinggal 17 poin di belakang. Padahal, dengan sisa empat laga, poin maksimal yang didapatkan hanya 12 (58 poin). Lalu, Persipura dengan lima laga sisa, poin maksimal adalah 15 atau mencapai 59 poin.

Bali United

Sejatinya, saat bermain melawan Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, tadi sore, Bali United hanya butuh imbang untuk juara. Namun, pelatih Stefano Cugurra tetap meminta pasukannya bermain maksimal dan mengejar tiga angka. Dan, pada menit ke-51, Ilija Spasojevic mencetak gol melalui tandukan.

Bermain dalam cuaca hujan, Semen Padang bukannya tanpa perlawanan. Mereka memiliki beberapa peluang emas. Pada babak kedua beberapa kali Karl Max yang turun sebagai pengganti membahayakan gawang Bali United. Varderlei juga punya peluang, tapi gagal dimaksimalkan.

Bukannya menyamakan skor, Semen Padang justru kembali kebobolan melalui gol Spaso pada menit ke-58. Dengan begitu, Spaso musim ini mencetak 16 gol sama banyak dengan Makan Konate (Arema FC) dan Alex dos Santos (Persela). Dia hanya kalah banyak dengan Marco Simic dari Persija dengan 24 gol.

Kalau bagi Bali United, kemenangan ini membuat mereka keluar sebagai juara baru. Prestasi terbaik bagi Bali United yang terbentuk sejak 2015. Namun, bagi Semen Padang, ini berarti mereka tetap berada di dasar klasemen. Dengan sisa empat laga, sulit bagi mereka keluar dari jerat degradasi.

Semen Padang

Saat ini, Semen Padang mengemas 28 poin. Dan, mereka punya tiga laga away, yakni menantang Barito Putera (6/12), PSIS Semarang (13/12), dan laga pekan terakhir melawan Persela Lamongan (22/12). Satu-satunya laga kandang mereka adalah menjamu Borneo FC (17/12).

Bersama Badak Lampung dan Kalteng Putra, Semen Padang menjadi kandidat terkuat degradasi ke Liga 2. Selain itu, masih ada Persela dan Barito Putera yang belum benar-benar aman dari jerat degradasi. Hanya, Persela dan Badak Lampung masih memiliki sisa laga lebih banyak satu.

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads