alexametrics
Kongres Luar Biasa PSSI 2019

Iwan Bule Jadi Ketum PSSI dengan Suara Mutlak, 10 Caketum Lainnya Nol

2 November 2019, 14:13:14 WIB

JawaPos.com – PSSI telah memiliki nakhkoda baru. Iwan Bule terpilih sebagai ketua umum PSSI periode 2019-2023 dalam Kongres Luar Biasa PSSI 2019 di Shangri-La Hotel, Jakarta. Dia menang mutlak dengan 82 suara, adapun tiga suara abstain. Dengan begitu sepuluh caketum lainnya suaranya nol. Alias tanpa perlawanan.

Kemenangan Iwan bukan sesuatu yang mengejutkan. Apalagi seiring dengan drama yang mewarnai. Mulai dari La Nyalla Mattalitti yang memutuskan menarik diri sebelum kongres, hingga beberapa caketum yang terusir dari ruang kongres.

Mochamad Iriawan atau lebih dikenal sebagai Iwan Bule memang jagoan utama dalam kongres. Kampanye telah dia lakukan sejak jauh hari. Sayang, justru pada bulan terakhir sebelum kongres, justru jarang tampil ke publik.

Dukungan mutlak dia dapatkan di kongres kali ini. Hanya tiga suara yang abstain. Itu berasal dari 85 suara sah voter. Kali ini voter terdiri dari 18 klub liga 1, 15 klub Liga 2 (Persis Solo tidak ikut), 16 klub Liga 3, asosiasi sepak bola wanita dan federasi futsal.

Suara Persis tidak masuk karena Vijaya Fitriyasa selaku caketum sekaligus voter terusir dan tidak kembali ke ruangan. Bahkan dia lebih memilih menemui pendemo di luar arena kongres ketimbang kembali ke ruang acara.

Kongres kali ini dihadiri juga oleh Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali. Hadir juga Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dan Ketua KONI Marciano Norman.

Saat ini, pemilihan masih berlangsung untuk 2 wakil ketua dan 12 anggota Exco PSSI.

Arif Wicaksono selaku salah satu caketum yang kalah memberikan ucapan selamat kepada ketua baru. “Saya ikuti aturan main dan saya terima kekalahan,” ujarnya. “Dan perubahan selalu butuh proses. Kita harus tetap optimistis,” lanjutnya.

Editor : Mohammad Ilham



Close Ads