Tiga Rencana Bergulirnya Liga 1 Sama-Sama Tak Terlaksana

1 Desember 2022, 22:31:06 WIB

JawaPos.com– PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyiapkan tiga opsi tanggal untuk melanjutkan kompetisi Liga 1. Mulai 18 November, 25 November, hingga 2 Desember. Namun, tiga rencana tersebut sama-sama tidak terlaksana.

Sebenarnya, 2 Desember adalah waktu yang dinilai paling memungkinkan untuk kembali memutar Liga 1. Namun, pihak kepolisian belum mengeluarkan perizinan.

Masih ada beberapa tahapan yang perlu dipenuhi. Salah satunya meninjau Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion Moch. Soebroto (Magelang). Dua venue tersebut perlu diverifikasi tim Kemen PUPR.

Melesetnya kickoff lanjutan Liga 1 pada 2 Desember sebenarnya sangat mengecewakan. Terlebih, sudah ada tim yang tiba di lokasi pertandingan. Yaitu, Barito Putera.

Tapi, Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Kombespol Sumardji menilai penundaan kickoff lanjutan Liga 1 masih terbilang aman.

Asalkan, waktu sepak mula lanjutan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu tidak lewat dari pekan pertama Desember.

”Menurut saya, sebenarnya patokannya itu bukan 2 Desember. Yang terpenting minggu pertama Desember. Jadi, (kalau kompetisi bisa lanjut, Red) antara 1–6 Desember, masih bisa menyesuaikan waktu selesainya Liga 1,” ujar mantan Kapolresta Sidoarjo itu kepada Jawa Pos melalui pesan suara tadi malam.

Sementara itu, pelatih Persita Tangerang Angel Alfredo Vera berharap mental para pemainnya tetap terjaga setelah mendengar informasi kickoff lanjutan Liga 1 kembali tertunda. Dia akan terus memberikan motivasi dan menyakinkan timnya bahwa kompetisi pasti segera berjalan.

Mantan pelatih Persiba Balikpapan dan Sriwijaya FC Palembang itu berharap turunnya izin kompetisi tidak membutuhkan waktu lebih lama lagi. Menurut Alfredo, sulit bagi pelatih menyusun program dalam situasi yang belum pasti.

”Saya tidak tahu apa yang terbaik untuk situasi saat ini. Terlalu lama (berhenti), saya bingung mengambil keputusan. Yang penting sekarang semoga Liga 1 cepat berjalan. Dan, jadwal pertandingan segera dirilis. Supaya kami tahu bagaimana membuat langkah terbaik,” ungkap pelatih asal Argentina tersebut melalui pesan singkat.

Asisten pelatih fisik Persib Bandung Yaya Sunarya juga berharap motivasi para pemain tidak mengendur. Saat ini, dalam menyusun program latihan, tim pelatih Maung Bandung –julukan Persib– selalu mengacu pada rencana PT LIB dan PSSI.

Saat kompetisi rencananya kembali diputar pada 18 November, program latihan Persib tertuju pada tanggal itu. Begitu seterusnya.

”Tapi, sampai sekarang, kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai kepastian kompetisi. Kami akan tetap meminta para pemain untuk konsisten dalam latihan. Kami minta pemain bukan hanya menunggu kompetisi. Tapi bagaimana progres setiap pemain dalam setiap sesi latihan,” tegas Yaya.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengungkapkan, setelah rapat koordinasi di Mabes Polri pada Selasa (29/11) lalu, pihak-pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan kompetisi Liga 1 langsung bergerak untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan Polri sebelum menerbitkan perizinan.

”Proses itu diharapkan sehari selesai. Sehingga bisa segera menjadi masukan untuk melengkapi semua persyaratan Perpol Nomor 10 Tahun 2022,” ujar Sudjarno.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c19/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads