Shin Tae-yong Panggil Ilija Spasojevic ke Skuad Timnas Indonesia

1 Desember 2022, 22:46:57 WIB

JawaPos.com-Ilija Spasojevic merupakan salah seorang penyerang paling subur di Liga 1. Musim lalu mantan pemain Bhayangkara FC itu menjadi top scorer dengan menorehkan 23 gol untuk Bali United.

Meski menjadi striker paling produktif, Spaso tak kunjung kembali mendapat panggilan tim nasional Indonesia. Pesepak bola naturalisasi kelahiran Montenegro 35 tahun lalu itu melewatkan banyak pertandingan internasional.

Spaso kali terakhir dipanggil Shin Tae-yong (STY) pada 2021. Tapi, dia hanya menjalani pemusatan latihan di Jakarta.

Pertandingan internasional terakhir yang dilakoni Spaso bersama skuad Merah Putih terjadi pada 2019. Saat itu Indonesia menjalani laga persahabatan melawan Myanmar pada 25 Maret 2019. Dalam laga tersebut, Spaso membawa Indonesia menang 2-0 dengan menyumbangkan satu gol.

Kini mantan penyerang Persib Bandung tersebut kembali mendapat kesempatan untuk unjuk gigi bersama timnas. Dia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali sebagai persiapan menjelang AFF Cup 2022.

Sebenarnya, Spaso tidak masuk rencana STY. Pelatih asal Korea Selatan itu awalnya memanggil penyerang Persikabo 1973 Dimas Drajad. Mantan pemain Gresik United itu dipanggil karena torehan lima gol bersama Persikabo musim ini.

Namun, STY terpaksa mencoret Dimas. Dia batal tampil di AFF Cup karena menderita cedera. Apakah perubahan rencana tersebut mengganggu persiapan timnas?

”Soal itu, mungkin coach Shin yang bisa memberikan update,” ujar asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto kepada Jawa Pos melalui pesan singkat tadi malam.

Mantan center back Pelita Bandung Raya (PBR) itu hanya berharap Spaso bisa menjadi tumpuan di lini depan timnas.

”Saya berharap Spaso bisa cepat menyesuaikan cara bermain yang diinginkan coach Shin. Sehingga dia bisa cepat menyatu dengan cara bermain tim,” terang Nova.

Di sisi lain, Spaso mengungkapkan kegembiraan atas pemanggilan ke timnas. ”Saya siap untuk timnas Indonesia,” kata Spaso.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c19/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads