alexametrics
Liga 1 2019

Rachmat ”Rian” Irianto Bisa Bermain di Lima Posisi Berbeda

1 September 2019, 16:00:16 WIB

JawaPos.com – Bejo Sugiantoro sempat bingung mencari pemain yang menempati posisi bek kiri. Sebab, Ruben Sanadi masih menjalani TC bersama timnas senior. Novan Setya yang biasanya menjadi pengganti juga tidak ikut away karena harus menemani istrinya yang melahirkan. Opsinya adalah mencoba memainkan M. Syaifuddin. ’’Saat official training, saya mengedepankan Syaifuddin. Tapi, jawaban dia, ’saya tidak bisa kaki kiri’,’’ jelas Bejo.

Saat itulah Bejo langsung menawarkan opsi bek kiri kepada Rachmat ’’Rian’’ Irianto. Bejo menegaskan, pilihan itu diambil bukan karena status Rian yang merupakan anak kandungnya. Namun, Rian bisa bermain di beberapa posisi. Ketika berguru di Malaysia bersama Frenz United pada 2014–2016, hampir lima posisi bisa dimainkan. Yakni, winger, bek tengah, gelandang tengah, dan fullback kanan serta kiri. ’’Selain itu, ketika saya tanya, dia (Rian, Red) menjawab ’siap’. Itulah yang dibutuhkan semua pemain Persebaya di masa depan,’’ ucapnya. ’’Sekali lagi bukan karena Rian anak saya. Saya tahu semua kelebihan dan kekurangan tim ini. Profesional,’’ tambahnya.

Persebaya Surabaya

Keputusan Bejo sangat tepat. Pemain timnas U-23 itu tidak canggung bermain di posisi bek kiri, meski agak keteteran dalam membantu serangan, tapi cukup baik saat bertahan. Beberapa kali lini sayap serang Bhayangkara FC gagal melewati penjagaannya.

Sayang, permainan ciamik itu tidak sampai 90 menit. Rian harus ditandu keluar pada menit ke-67. Dia mengalami cedera di bagian kepala. Bahkan, ambulans sempat akan membawanya keluar Stadion Patriot Candrabhaga menuju ke rumah sakit terdekat.

Bejo mengakui, momen itu sangat emosional. Dia harus membagi fokus sebagai karteker Persebaya dan seorang ayah. ’’Saya terbawa perasaan sebagai ayah dan sempat melihat Rian seperti apa, mengamati dari jauh. Alhamdulillah ternyata tidak ada yang serius. Di locker room tadi tidak ada masalah,’’ paparnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads