alexametrics
Liga 1 2019

PSM vs Persela: Bisakah Tamu Mengulang Memori Manis?

1 September 2019, 14:38:40 WIB

JawaPos.com – Hanya satu kekalahan yang diderita PSM Makassar di laga kandang musim lalu. Itu terjadi kala Tim Ayam Jantan dari Timur, julukan PSM, kalah 3-2 dari Persela Lamongan pada 6 April 2018. Nah, torehan manis tersebut yang ingin diulang Persela saat kembali menantang PSM di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, nanti malam (siaran langsung Indosiar pukul 18.00 WIB).

Tapi, bukan perkara mudah bisa menang di Makassar. Sebab, statistik PSM di laga kandang sangat impresif. Mereka sudah enam kali melakoni laga kandang di Liga 1. Hasilnya, Wiljan Pluim dkk selalu meraih kemenangan. Mereka mampu mencetak 14 gol dan hanya kebobolan empat gol.

PSM Makassar

Meski begitu, kans untuk menghentikan hegemoni PSM tetap terbuka. Sebab, tuan rumah tidak tampil dengan skuad terbaik. Total, ada delapan pemain yang absen. Bayu Gatra dan Guy Junior cedera. Marc Klok, M. Arfan, dan Zulham Zamrun menerima akumulasi kartu kuning. Selanjutnya, Ferdinand Sinaga, Rizky Pellu, dan Firza Andika mendapat panggilan timnas.

Sementara itu, dari kubu Persela, hanya bek M. Zaenuri yang absen akibat akumulasi kartu kuning. Absennya bek 24 tahun tersebut bukan masalah besar bagi Persela. Sebab, masih ada Mawouna Amevor yang siap diturunkan.

Meski skuad lebih komplet, pelatih Persela Nil Maizar enggan sesumbar. Sebab, dia yakin PSM akan menurunkan pemain dengan kualitas yang tak jauh beda. ’’Apakah itu menguntungkan? Saya rasa tidak. PSM memiliki kedalaman tim yang baik. Saya yakin pelatih PSM sudah mengantisipasinya,’’ terang pengganti Aji Santoso tersebut.

Nil juga meminta anak asuhnya untuk menepikan kemenangan mengejutkan 6-1 atas PS Tira Persikabo (25/8). ’’Saya harap anak-anak tidak jemawa,’’ terang pelatih 49 tahun itu. Apalagi, tekanan suporter di Andi Mattalatta pasti akan sangat besar. ’’Tapi, para pemain sudah sangat siap. Saya dan teman-teman sudah bertekad untuk menang di sini (Makassar, Red),’’ sambung bek Persela Arif Satria.

Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim sadar betul Persela merupakan ancaman. Dia juga masih ingat kala timnya dipermalukan 3-2 musim lalu. Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat timnya kalah saat itu. ’’Kami memulai laga dengan meremehkan Persela. Akhirnya, kami kalah. Itu yang tidak boleh kami ulangi,’’ tegas pemain asal Belanda tersebut.

Persela Lamongan

Pelatih PSM Darije Kalezic berharap tren positif di laga kandang bisa berlanjut. Soal ditinggal delapan pemain, Kalezic enggan sambat. ’’Kami masih punya banyak pemain yang siap tampil. Ini jadi kesempatan mereka. Makanya, saya yakin mereka akan menampilkan kemampuan terbaik,’’ kata pelatih asal Swiss itu. Salah seorang yang mungkin diturunkan adalah striker anyar Amido Balde. ’’Kami lihat besok (hari ini, Red),’’ tambahnya.

Namun, dia mewaspadai striker Persela Alex Dos Santos. Pemain asal Brasil tersebut dinilai bisa membahayakan lini belakangnya. Torehan 15 gol menjadi bukti sahih bahwa Alex siap meneror gawang timnya. ’’Dia striker bagus. Tapi, bukan hanya Alex yang harus diwaspadai. Persela punya banyak pemain lain yang bagus,’’ katanya.

Perkiraan Pemain

PSM (4-3-3): 20-Rivky Mokodompit (g); 14-Asnawi Bahar, 28-Abdul Rahman, 2-Aaron Evans, 32-Benny Wahyudi; 50-Raphael Maitimo, 17-Rasyid Bakrie, 80-Wiljan Pluim; 11-M. Rachmat, 9-Amido Balde, 24-M. Rizky Eka Pratama

Pelatih: Darije Kalezic

Persela (4-2-3-1): 33-Dwi Kuswanto (g); 14-Birul Walidain, 5-Mawouna Amevor, 28-Arif Satria, 30-Eky Taufik (c); 13-Lucky Wahyu, 8-Kei Hirose; 26-Rafael Gomes, 99-Delvin Rumbino, 18-Hambali Tholib; 10-Alex Dos Santos

Pelatih: Nil Maizar

Stadion: Andi Mattalatta, Makassar

Live: Indosiar pukul 18.00 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads