alexametrics
Aktivitas Suporter Bola saat Pandemi Korona

The Macz Man Berikan Donasi dan Hibur Korban Banjir Bandang Masamba

1 Agustus 2020, 12:05:31 WIB

JawaPos.com – Banjir bandang yang menyapu Masamba, Kabupaten Luwu Utara, pada 13 Juli lalu masih menyisakan duka bagi para korban. Masyarakat perlahan berusaha bangkit. Kelompok suporter PSM Makassar The Macz Man ikut ambil peran.

Tak lama setelah banjir bandang memorakporandakan Masamba, The Macz Man langsung berinisiatif melakukan penggalangan dana. Mereka turun di jalan-jalan Kota Makassar untuk mengumpulkan donasi. Tak hanya di Makassar, aksi tersebut juga dilakukan The Macz Man di kota-kota lain.

Hasil dari donasi itu kemudian dikumpulkan jadi satu. Setidaknya dari donasi tersebut terkumpul uang hingga Rp 100 juta. Namun, The Macz Man tak memberikan bantuan dalam bentuk uang. Hasil donasi itu digunakan untuk membeli kebutuhan yang dibutuhkan para korban.

Tepat 28 Juli lalu, sekitar 30 perwakilan The Macz Man datang langsung ke Masamba untuk menyalurkan bantuan. Mereka membawa dua truk yang berisi sembako dan macam-macam kebutuhan korban banjir Masamba. Termasuk obat-obatan, pakaian bekas, popok bayi, hingga makanan ringan.

’’Kami memang langsung menyalurkan bantuan ke lokasi, tidak melalui posko. Bukan berarti kami tidak percaya ya. Tetapi, kami memang ingin datang langsung sekaligus ingin tahu kondisi di sana dan kami ingin membantu meringankan beban mereka,” ucap Menteri Luar Negeri The Macz Man Arfan Hafid.

Di Masamba, The Macz Man tidak sekadar menyalurkan bantuan. Mereka juga menghibur para korban. Terutama kepada anak-anak. Mereka memberikan hiburan gratis dengan menyanyikan chant seperti saat mereka mendukung Wiljan Pluim dkk di stadion.

’’Jadi, kami juga membawa alat-alat musik seperti saat kami mendukung PSM. Kami hibur warga dengan menari dan menyanyi. Sedikit hiburan untuk mereka. Alhamdulillah mereka tersenyum. Itu bayaran yang tak ternilai bagi kami,” jelas Arfan.

Berkat aksi sosial yang The Macz Man lakukan untuk korban banjir Masamba, suporter tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur itu mendapat apresiasi dari Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Setelah menyambangi korban banjir, mereka mendapat undangan untuk datang ke kantor bupati.

’’Kami juga tidak tahu. Tiba-tiba saja saat kami ada di lokasi. Tetapi, tidak semua datang ke undangan Ibu Bupati. Hanya perwakilan saja,” tutur pria yang juga akrab disapa Om Appank tersebut.

Aksi sosial The Macz Man tidak berhenti sampai di situ. Rencananya, Minggu besok The Macz Man juga akan menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Wajo. Bentuk bantuan sama dengan yang diberikan kepada korban banjir Masamba. Hanya, nilainya sedikit berbeda.

’’Sampai sekarang (kemarin, Red) masih terkumpul Rp 30 juta. Alhamdulillah kami kan juga di-support oleh mitra kerja. Kami mendapat bantuan mobil boks untuk mengangkut bantuan. Kami juga akan turun untuk memberikan bantuan secara langsung kepada warga,” ucap Arfan.

Di sisi lain, tak hanya mengumpulkan donasi dalam bentuk uang, The Macz Man juga menerima donasi berupa baju bekas. Banyak dari anggota The Macz Man, bahkan masyarakat Makassar, yang menyumbangkan pakaian bekas mereka ke posko The Macz Man.

’’Jadi, sebelum kami salurkan, baju-baju tersebut kami sortir dulu. Kami pilih mana yang masih layak untuk dipakai. Mayoritas masih bisa digunakan. Kami juga memisahkan pakaian untuk anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak,” terang Arfan.

Sementara itu, tidak hanya peduli pada korban banjir, The Macz Man juga memperhatikan situasi pandemi Covid-19. Saat turun ke jalan untuk mengumpulkan donasi, The Macz Man juga bagi-bagi masker dan hand sanitizer kepada masyarakat Makassar. Hal itu diharapkan bisa membantu mengurangi angka persebaran Covid-19 di Makassar.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia



Close Ads