alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya Pertajam Naluri Gol Jelang Hadapi Persipura

1 Agustus 2019, 17:30:42 WIB

JawaPos.com – Performa lini depan Persebaya Surabaya sejatinya cukup oke. Dari sebelas laga, Green Force –julukan Persebaya– sudah mengemas 17 gol. Mereka hanya kalah oleh Tira Persikabo yang memproduksi 25 gol, Arema FC 21 gol, Madura United 20 gol, dan Bhayangkara FC 18 gol.

Meski begitu, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman belum puas. Dia menilai, masih ada yang salah. Terutama soal finishing yang dianggapnya masih buruk. Hal itu memang sesuai dengan fakta di lapangan. Sebab, dari sebelas laga yang dilakoni, Persebaya total sudah melepaskan 154 tembakan. Itu berarti mereka baru bisa mencetak gol setelah melakukan sembilan percobaan.

Persebaya Surabaya

Nah, statistik itu membuat gemas pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut. Karena itu, dia berfokus mengasah finishing dalam latihan di Lapangan Polda Jatim (31/7). Pemain depan mendapat drilling menuntaskan peluang yang ada. Djanur juga berfokus mengalirkan bola dari sisi sayap. ’’Kami terus asah karena itu (finishing) memang kelemahan kami di setiap pertandingan,’’ kata pelatih 60 tahun tersebut.

Diharapkan, performa lini depan moncer kala bersua Persipura Jayapura Jumat (2/8). Apalagi, Persipura memiliki pertahanan yang solid. Di bawah asuhan Jacksen F. Tiago, mereka belum kebobolan dalam dua laga pemungkas. Belum lagi, Mutiara Hitam –julukan Persipura– juga memiliki pemain berpengalaman di lini belakang. Di antaranya, Ricardo Salampessy dan Yustinus Pae.

Menurut Djanur, hubungan Jacksen dengan pemain senior Persipura cukup bagus. Maklum, pelatih asal Brasil itu memang pernah enam musim membesut Persipura. ’’Dia (Jacksen) sudah hafal karakter pemain Persipura. Ditambah lagi para pemain pasti termotivasi dengan adanya pelatih baru,’’ tambah pelatih asal Majalengka itu.

Bek Hansamu Yama termasuk pemain yang paham betul karakter Jacksen. Maklum, keduanya pernah sama-sama menjadi bagian dari Barito Putera. Dia menilai, Jacksen pelatih yang cukup bagus dalam meramu lini depan. ’’Apalagi, dulu waktu bermain posisi Coach Jacksen kan memang striker,” terang Hansamu.

Hal itu jelas akan membuatnya waspada. Apalagi, lini depan Persipura dihuni pemain matang seperti Boaz Solossa dan Titus Bonai. ’’Tapi, saya siap. Saya anggap semua lawan sama,’’ tegasnya.

Motivasi skuad Green Force kian besar. Sebab, Bonek selalu memenuhi sesi latihan Persebaya dalam sepekan terakhir. Meski banyak Bonek, latihan sama sekali tak terganggu. Djanur juga cukup senang dengan antusiasme Bonek. Diharapkan, hal itu mampu mengerek mental pemain setelah dalam lima laga tak pernah menang. ’’Tidak ada intimidasi. Bonek malah memberikan dukungan. Mereka minta foto bareng. Bagus lah support seperti ini,’’ kata Djanur.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads