alexametrics
Piala Presiden 2022

Kebugaran Berbeda, PSS Istirahat 3 Hari, Persib Istirahat 9 Hari

1 Juli 2022, 13:53:02 WIB

JawaPos.com-Kebugaran setiap tim yang lolos ke babak delapan besar Piala Presiden tidak sama.

Tim dari grup A dan B lebih lelah daripada tim asal grup C dan D. Sebab, grup A dan B diisi lima tim. Alhasil, jumlah pertandingan menjadi lebih banyak.

Itulah situasi yang terjadi menjelang pertandingan Persib Bandung melawan PSS Sleman yang akan diadakan malam ini pukul 20.30 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Super Elang Jawa –julukan PSS– dilanda kelelahan karena terakhir bertanding pada 27 Juni.

Sementara itu, Maung Bandung –julukan Persib– kali terakhir bertanding pada 21 Juni. Artinya, Persib memiliki waktu istirahat 9 hari, sedangkan Super Elang Jawa hanya beristirahat 3 hari. Itu pun PSS harus menempuh perjalanan panjang ke Bandung.

Situasi tersebut jelas menyulitkan Super Elang Jawa. Terlebih, PSS tidak diperkuat enam pemain. Todd Ferre dan Dave Mustaine terkena akumulasi kartu kuning.

Mario Maslac, Derry Rachman, dan Fandi Eko Utomo cedera. Lalu, kiper Jandia Eka Putra menemani istrinya yang melahirkan.

Tapi, bukan Seto Nurdiantoro namanya kalau tidak optimistis. Hari ini, mantan pelatih PSIM Jogjakarta itu menegaskan akan memberikan perlawanan ketat. Meski, dia tahu itu bukan perkara mudah.

Seto sangat menaruh respek terhadap Maung Bandung. Menurut dia, Persib adalah tim tangguh. Meski, malam ini Maung Bandung tidak diperkuat David da Silva, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Ciro Alves karena cedera.

’’Persib punya banyak pemain bagus. Ada banyak pemain tim nasional. Jadi, absennya David, Nick, Igbonefo, dan Ciro sama sekali tidak memengaruhi kekuatan Persib,’’ ucap mantan pemain Persiba Bantul itu kemarin.

Seto akan nothing to lose dalam pertandingan malam ini. Menang atau kalah urusan belakangan. Yang terpenting, seluruh pemain bisa menerapkan strategi yang dia minta.

’’Piala Presiden memberi kami banyak keuntungan. Di fase grup, kami bertemu tim-tim kuat. Di Bandung, kami juga bertemu tim papan atas musim lalu. Kami akan banyak belajar dari Persib sebagai bekal untuk menghadapi Liga 1,’’ terangnya.

Sementara itu, pelatih Persib Robert Rene Alberts memprediksi Super Elang Jawa bakal sangat merepotkan. Menurut pelatih asal Belanda itu, PSS kembali menemukan jati diri setelah kembali dilatih Seto.

Hal itu terlihat sepanjang fase grup A Piala Presiden. Seto bisa membawa timnya menahan imbang tuan rumah Persis Solo serta menang atas Persita Tangerang dan Dewa United. Itulah mengapa PSS menjadi runner-up grup A.

’’PSS adalah tim yang memiliki permainan cepat. Banyak pemain skillful di dalamnya. Pemain asingnya juga bagus. Kami respek dengan mereka,’’ ucap mantan pelatih PSM Makassar tersebut.

Namun, Robert tidak mau kehilangan muka di Bandung. Sebagai tuan rumah, Robert akan berusaha membawa timnya menang. Meski, Persib tidak akan bertanding dengan dukungan langsung suporternya.

’’Tentu situasi ini menyedihkan. Suporter kami fantastis. Semua pemain akan bersemangat jika bermain di depan suporter. Tapi, kami tetap harus berjuang memperebutkan tiket semifinal,’’ tegas mantan pelatih Arema itu.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: