alexametrics

Belum Sreg, Shin Tae-yong Minta 3 Pemain Keturunan Belanda Dipulangkan

1 Juli 2022, 17:56:06 WIB

JawaPos.com-Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Shin Tae-yong (STY) ingin menaturalisasi pemain keturunan untuk bisa memperkuat skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, STY tidak mau salah pilih pemain. Kriterianya sangat ketat. Dia mau pemain keturunan memiliki skill jauh di atas pemain-pemain lokal.

Prinsip itu dipakai saat pelatih asal Korea Selatan tersebut memantau tiga pemain keturunan asal Belanda Kai Davy Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque. Kemampuan mereka dipantau dalam program pemusatan latihan timnas U-19 jelang AFF Cup U-19 2022.

Selama berada di Jakarta sejak 21 Juni, Max, Jim, dan Kai tidak hanya berlatih. Ketiganya juga diberi kesempatan turun dalam dua pertandingan uji coba. Yakni, melawan Persija Jakarta dan Bhayangkara FC.

Namun, setelah memantau ketiganya secara langsung, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu merasa belum sreg.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memberi sinyal bahwa ketiganya belum memenuhi ekspektasi STY. Dan, ketiganya diminta menyudahi program pemusatan latihan bersama timnas U-19.

’’STY mengirim surat kepada saya. Beliau mengatakan ketiga pemain tersebut dikembalikan dulu ke klubnya,’’ ucap mantan pelatih Bali United itu kemarin.

PSSI memberikan kewenangan penuh kepada STY untuk menentukan pilihan pemain yang ingin dinaturalisasi. Siapa pun yang dipilih, federasi sepak bola Indonesia tersebut akan memberikan dukungan penuh.

’’Kami akan menunggu keputusan STY. Apakah ketiganya atau salah satu dari mereka yang diambil atau bahkan tidak sama sekali. Namun, yang jelas, untuk saat ini, keputusan STY seperti itu (memulangkan Kai, Max, dan Jim, Red),’’ tegas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Meski mendapat dukungan penuh dalam menaturalisasi pemain, STY harus bisa menjamin perubahan prestasi. Saat ini, pemain naturalisasi dibutuhkan agar kekuatan timnas U-19 Indonesia semakin kuat saat berlaga di ajang Piala Dunia U-20 2023.

’’Kalau memang STY mengincar pemain lain untuk dinaturalisasi, silakan ajukan nama secara tertulis. Yang penting kehadiran pemain naturalisasi bisa menjamin datangnya prestasi. Dan, yang harus dicatat adalah naturalisasi merupakan program jangka pendek. Semoga ini yang terakhir,’’ ucap Indra.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: