alexametrics

Respons Irfan Jaya setelah Tak Terpilih Masuk Skuad SEA Games 2022

1 Mei 2022, 14:13:42 WIB

JawaPos.com-Timnas Indonesia sudah menentukan 20 pemain untuk menjadi wakil Merah Putih di SEA Games Vietnam. Pemilihan pemain ditentukan setelah tim melakukan TC di Korea Selatan pada 15 hingga 28 April.

Ada sembilan nama yang terdepak. Di antaranya duo kiper Muhamad Riyandi dan Andhika Ramadhani, Koko Ari, Pratama Arhan, Amirudin Bagas Kaffa, Braif Fatari, Ramai Rumakiek, Hanis Saghara, serta Irfan Jaya.

Tidak adanya nama Irfan Jaya dalam skuad cukup disayangkan. Pemain Bali United tersebut berhasil tampil apik ketika uji coba saat timnas TC di Korea Selatan.

Dari tiga laga timnas, Irja –sapaannya– mencetak dua gol. Yakni, saat menang atas Andong Sciences Vollages dengan skor 3-2 pada 21 April dan ketika ditaklukkan Daejon Citizen dengan skor 2-3 pada 27 April.

Namun, Irja tak berkecil hati. ’’Mungkin inilah pilihan terbaik dari pelatih dan juga kebutuhan tim,’’ ujarnya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Ya, untuk SEA Games, setiap negara hanya diperbolehkan membawa tiga pemain di atas U-23. Untuk slot itu, juru racik Shin Tae-yong (STY) lebih memilih menggunakan jasa Fachruddin Aryanto (bek), Marc Klok (gelandang), dan Ricky Kambuaya (gelandang).

Posisi tiga pemain tersebut dianggap lebih sentral ketimbang posisi Irja yang biasa beroperasi sebagai winger-striker.

Di posisi Irja, sudah ada beberapa nama yang bisa menggantikan perannya. Seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Irfan Jauhari, Saddil Ramdani, hingga Ronaldo Joybera.

Kendati demikian, Irja tetap berharap para koleganya bisa mendapatkan hasil terbaik dalam pesta olahraga multievent terbesar se-Asia Tenggara itu.

’’Saya juga tetap support dan mendoakan timnas Indonesia semoga sukses di SEA Games dan meraih target mendapat medali emas. Amin,’’ harapnya.

Selain Irfan, timnas tak bisa memainkan Pratama Arhan. Bek yang tampil impresif di Piala AFF 2020 lalu itu tak dilepas klub barunya, Tokyo Verdy.

’’Untuk Pratama Arhan harus fokus ke klub Tokyo Verdy karena dia baru saja bergabung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi,’’ jelas Moch. Iriawan, ketua umum PSSI, di situs resmi federasi.

Di sisi lain, ada satu nama yang mencuri perhatian di skuad SEA Games kali ini. Dia adalah Ilham Rio Fahmi. Bek Persija itu dipilih untuk mengawal lini pertahanan sebelah kanan mendampingi Asnawi Mangkualam. Rio mengungguli Amirudin Bagas Kaffa dan Koko Ari yang juga berposisi sebagai bek kanan.

’’Alhamdulillah, saya bersyukur dapat masuk 20 pemain yang akan berlaga di SEA Games 2021,’’ ucap Rio bangga.

Di Liga 1 musim 2021–2022, penampilan Rio memang begitu memukau. Sebagai pemain debutan, kepercayaan dirinya sangat tinggi. Bahkan, dia bisa menggeser legiun asing asal Italia Marco Motta.

’’Saya bertekad memberikan kemampuan terbaik dan siap bekerja keras demi torehan emas Indonesia,’’ tegasnya.

Skuad Garuda Muda saat ini sudah berada di Jakarta dan menjalani latihan selama dua hari pada 30 April dan 1 Mei di lapangan B, Senayan. Selanjutnya, Marc Klok dkk akan bertolak ke Vietnam pada 3 Mei.

Indonesia tergabung di grup A bersama Vietnam, Filipina, Timor Leste, dan Myanmar. Indonesia akan menjalani laga perdana melawan Vietnam pada Jumat (6/5) mendatang.

20 Pemain Indonesia di SEA Games Vietnam

Kiper:
Muhammad Adi (Persik Kediri)
Ernando Ari (Persebaya Surabaya)

Bek:
Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)
Rizky Ridho (Persebaya Surabaya)
Elkan Baggott (Ipswich Town)
Fachruddin Aryanto (Madura United)
Firza Andika (Persija Jakarta)
Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta)

Gelandang:
Rachmat Irianto (Persib Bandung)
Marc Klok (Persib Bandung)
Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta)
Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)
Ricky Kambuaya (Persebaya Surabaya)

Winger:
Egy Maulana (FK Senica)
Witan Sulaeman (FK Senica)
Saddil Ramdani (Sabah FC)

Striker:
Ronaldo Joybera (Madura United)
Muhamad Ridwan (Persik Kediri)
Irfan Jauhari (Persis Solo)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads