alexametrics

Siap Dinaturalisasi, Ini Daftar 7 Pemain Asing Calon WNI

1 Maret 2019, 12:00:06 WIB

JawaPos.com – Proses naturalisasi bukan hal aneh dalam dunia sepak bola. Tak hanya di Indonesia, program naturalisasi juga diberlakukan negara-negara lain seperti Thailand, Filipina, bahkan oleh Jepang.

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak pemain asing yang mengubah statusnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pada perjalanannya, ada dua proses yang bisa dilakukan.

Pertama, pemain tersebut sudah lebih dari lima tahun tinggal dan berkarir di Indonesia. Hal ini ditetapkan dalam UU No.12 Tahun 2006. Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Bio Paulin, Ilija Spasojevic, Guy Junior, Christian Gonzalez, dan Alberto ‘Beto’ Goncalves merupakan contoh pemain-pemain yang dinaturalisasi dengan menempuh cara ini.

Proses kedua, para pemain yang akan dinaturalisasi tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan status WNI. Syaratnya sang pemain memiliki garis keturunan atau leluhur orang Indonesia. Hal ini dialami Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Ezra Walian.

Selanjutnya, ada beberapa pemain lagi yang sedang menunggu proses naturalisasi. Berikut ulasan singkatnya;

1. Silvio Escobar

Persija Jakarta, Silvio Escobar
Striker Persija Jakarta, Silvio Escobar (Dok. Persija Jakarta)

Pemain kelahiran Paraguay ini sudah cukup lama berada di panggung sepak bola Indonesia. Sebelum mendarat di Persija Jakarta, Silvio Escobar pernah memperkuat Persepam Madura, PSM Makassar, Bali United, dan Perseru Serui.

Saat ini status naturalisasi Escobar masih dalam proses. Pemain 33 tahun tersebut mengaku tak sabar untuk segera menyelesaikannya. “Semua dokumen yang diperlukan sudah saya serahkan. Sekarang sudah ada yang bantu saya untuk menjadi warga Indonesia,” ucap Escobar beberapa waktu lalu.

2. Fabiano Beltrame

Madura United, Fabiano Beltrame
Bek Madura United, Fabiano Beltrame (Dok. Madura United)

Sama seperti Escobar, bek tangguh asal Brasil ini juga sudah lama berkarir di Indonesia. Namun proses naturalisasi Fabiano Beltrame sedikit tersendat karena dia memutuskan pindah dari Madura United ke Persib Bandung.

Tadinya Madura United siap memberi bantuan penuh agar sang pemain bisa mengubah statusnya menjadi WNI. Namun bantuan itu kabarnya akan dihentikan karena Fabiano bukan lagi bagian dari skuad mereka.

3. Otavio Dutra

Persebaya Surabaya, Otavio Dutra
Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra (Dok. Persebaya Surabaya)

Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra tak lama lagi akan mendapatkan status WNI. Itu diketahui dari keikutsertaannya dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Meski belum dimulai, tapi nama Dutra sudah tercantum di daftar pemain Skuad Garuda. Ia yakin proses naturalisasinya akan segera selesai. “Sepertinya tidak lama lagi (Selesai),” ucap bek kelahiran Brasil tersebut.

4. Yoo Jae-hoon

Mitra Kukar, Yoo Jae-hoon
Yoo Jae-hoon (tengah) saat masih memperkuat Mitra Kukar musim lalu (Istimewa)

Kiper asal Korea Selatan ini sudah cinta mati dengan Indonesia. Sejak 2010, Yoo Jae-hoon selalu meramaikan panggung sepak bola Tanah Air.

Sebelum bergabung dengan Barito Putera, ia pernah memperkuat Persipura Jayapura, Bali United, serta Mitra Kukar. Dirinya sangat berharap dapat mengubah statusnya menjadi WNI.

5. Yu Hyun-koo

Sriwijaya FC, Yoo Hyun-koo
Gelandang Sriwijaya FC, Yoo Hyun-koo (Istimewa)

Sama seperti Yoo Jae-hoon, pemain asal Korea Selatan lainnya yakni Yu Hyun-koo juga sudah nyaman tinggal di Indonesia. Sempat beredar kabar, proses naturalisasinya akan selesai pada awal tahun 2019.

Namun sayang, ada keterlambatan sehingga Yu Hyun-koo ta bisa bertahan di Sriwijaya FC. Gelandang 36 tahun itu akhirnya memutuskan pindah ke Kalteng Putra dan masih tercatat sebagai pemain asing asal Benua Asia.

6. Shohei Matsunaga

PSMS Medan, Shohei Matsunaga
Gelandang PSMS Medan, Shohei Matsunaga (Istimewa)

Eks pemain Schalke ini kabarnya sudah resmi menjadi WNI. Dengan statusnya itu, dia bisa bertahan di PSMS Medan yang berkompetisi di Liga 2 musim 2019.

Shohei Matsunaga memang sudah lama menginginkan dinaturalisasi. Namun impiannya itu baru bisa diwujudkan pada tahun ini.

7. Marc Klok

PSM Makassar, Marc Klok
Gelandang PSM Makassar, Marc Klok (Dok. PSM Makassar)

Gelandang asal Belanda milik PSM Makassar, Marc Klok punya keinginan besar untuk dinaturalisasi. Sebab menurutnya, sang kakek buyut berasal dari Indonesia.

Klok memang sudah kerasal tinggal di Kota Makassar. Sebagai bukti, ia menyepakati kontrak dengan durasi panjang hingga 2023.

Editor : Bagusthira Evan Pratama

Copy Editor :

Siap Dinaturalisasi, Ini Daftar 7 Pemain Asing Calon WNI