alexametrics
Pramusim Liga 1 2020

Skuad Belum Komplet, Persik tanpa Target di Piala Gubernur Jatim

1 Februari 2020, 17:00:55 WIB

JawaPos.com – Persik Kediri punya ajang pemanasan sebelum Liga 1 bergulir pada 29 Februari. Macan Putih memutuskan ikut ambil bagian di Piala Gubernur Jatim 2020. Turnamen pramusim itu rencananya akan digelar selama 10 hari, 10-20 Februari.

Menurut Manajer Beny Kurniawan, total ada delapan klub yang mengikuti Piala Gubernur Jatim. Lima klub Liga 1 di antaranya berasal dari Jatim. Selain Persik, ada Persebaya Surabaya, Arema FC, Persela Lamongan, dan Madura United.

Dua klub lain berasal dari Jakarta. Yakni, Persija Jakarta dan Bhayangkara FC. ”Satu klub undangan dari Malaysia. Ada Sabah FC,” kata Beny kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Kemarin, para manajer klub-klub tersebut menggelar meeting di Surabaya. Beny mengaku, masih ada pertemuan lanjutan untuk memastikan gelaran turnamen pramusim tersebut. “Ini masih pertemuan awal. Bisa saja klub yang diundang tidak bisa ikut,” ungkapnya.

Dengan sistem home tournament, Persik tergabung di grup A. Faris Aditama dkk berada di satu grup dengan Persebaya, Bhayangkara FC dan Madura United. Seluruh pertandingan grup tersebut digelar di Bangkalan. Sedangkan laga grup B yang terdiri dari Arema FC, Persela, Persija dan Sabah FC digelar di Malang.

Beny mengatakan, Piala Gubernur Jatim jadi ajang uji coba bagi Persik Kediri. Dengan skuad mudanya, dia ingin melihat komposisi antara pemain lokal dan asing. Meski saat ini skuad mereka belum komplet. ”Ya ajang uji coba saja,” ujar pria kelahiran Ponorogo ini.

Hal serupa disampaikan pelatih Joko Susilo. Dia mengatakan, pihaknya lebih fokus pada kompetisi yang sesungguhnya di Liga 1. Piala Gubernur jadi sasaran antara saja. “Kami belum membicarakan dengan manajemen. Apakah ada target atau tidak. Intinya kami selalu siap,” kata Joko saat ditemui usai latihan di Lapangan Betet, Kecamatan Pesantren, kemarin.

Meski demikian, menurut Joko, Piala Gubernur bisa menjadi tempat untuk menempa pemainnya dari tekanan. Baik tekanan dari tim lawan maupun suporter. “Kami adalah tim muda. Pasti banyak tekanan nanti,” ungkap mantan striker Arema ini.

Karena itulah, Joko menganggap ajang turnamen pramusim sebagai uji coba besar bagi Persik. Beberapa waktu ini, skuadnya hanya menghadapi klub-klub amatir asal Kediri. Karenanya, laga di piala tersebut belum bisa dijadikan tolok ukur kekuatan Persik menghadapi Liga 1.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Radar Kediri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads