alexametrics
Piala Indonesia 2018

Dihiasi Drama 2 Penalti, PSS Sleman Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar

1 Februari 2019, 00:35:18 WIB

JawaPos.com – PSS Sleman memastikan diri tampil di babak 16 besar Piala Indonesia. Hasil ini didapat setelah pada leg kedua babak 32 besar, PSS menahan imbang 3-3 Barito Putra di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (31/1) malam. Meski tim tamu tampil dominan, namun ketatnya lini pertahanan dari tim besutan Seto Nurdiyantara ini mampu meredam gedoran serangan Evan Dimas dkk.

Barito Putera sejak menit awal memang sudah tampil mengurung tuan rumah. Kerja sama gelandang anyar-lama antara Bayu Pradana, Evan Dimas, dan Paulo Sitanggang beberapa kali merepotkan lini pertahanan PSS.

Pada menit 12, kiper PSS Ega Risky melakukan penyelamatan pertamanya. Setelah mendapatkan ancaman dari striker Barito, Yacob Sayuti yang memanfaatkan umpan dari Evan Dimas.

PSS yang lebih memanfaatkan lebar lapangan berhasil unggul terlebih dahulu. Melalui sundulan pemain anyarnya, Sidik Saimima yang mendapat umpan dari Rangga Muslim. Membuat skor berubah menjadi 1-0 sejak menit 18.

Pada menit 33, tim tamu berhasil menyamakan kedudukan. melalui tembakan terarah winger anyar, Priska Womsiwor. Namun, jelang babak pertama usai, PSS kembali unggul.

Kali ini melalui pemain tengahnya Ricky Kambuaya setelah mendapat umpan silang dari Derry Rachman. Skor pada babak pertama bertahan dengan kedudukan 2-1.

Paruh kedua, PSS harus kehilangan salah satu andalan di lini depan, Derry Rachman. Dia menyentuh bola secara sengaja. Akibatnya, Derry mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit Prasetyo Hadi.

Unggul jumlah pemain ini, membuat Barito Putera terus tampil menekan. Pada menit 66, tim tamu mendapatkan penalti setelah pemain belakang PSS, Jajang Sukmara dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Artur Jesus Vieira yang jadi algojo penalti mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Menariknya, pada menit 78, giliran tuan rumah yang mendapat penalti. Pergerakan Ricky Kambuaya di dalam kotak penalti Barito dihentikan paksa oleh Andri Ibo.

Harris Tuharea, yang ditunjuk melakukan eksekusi pun berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 3-2, kembali membuat PSS sementara unggul. Pertandingan pun kian memanas.

Pada 4 menit sebelum waktu normal usai, Barito berhasil kembali menyamakan kedudukan. Kali ini giliran Yakub Sayuri yang sukses menjebol gawang PSS untuk kali kedua. Skor 3-3 ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Berkat kedudukan sama kuat ini membuat PSS lolos ke babak berikutnya. Karena di leg pertama pekan lalu, skuad berjuluk Super Elang Jawa tersebut telah mampu menang 2-1. PSS lolos berkat keunggulan agregat 5-4.

PSS 3-3 Barito
(Saimima 18′, Kambuaya 42′, Haris 80′-p –  Frisca 33′, Lucas 70′-p, Sayuri 86′)

Susunan pemain

PSS Sleman: Ega Rizky; Ikhwan Ciptadi, Bagus Nirwanto, Zamzani; Harris Tuharea, Sidik Saimima, Rangga Muslim, Ricky Kambuaya, Wahyu Sukarta; Derry Rachman Noor, Kushedya Hari Yudo
Pelatih: Seto Nurdiyantara

Barito Putera: Aditya Harlan; Artur Jesus Vieira, Lucas Rodrigues Ramos Dan Silva, Nazar Nurzaidin, Rony Esar; Bayu Pradana, Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Prisca Womsiwor; Samsul Arif, Yacob Sayuti
Pelatih: Jacksen F Tiago

Wasit: Prasetyo Hadi

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Ridho Hidayat

Dihiasi Drama 2 Penalti, PSS Sleman Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar