alexametrics
Bursa Transfer Liga 1

Aji Santoso: Bonek Tak Usah Khawatir, Pengganti Kualitasnya Lebih Baik

1 Januari 2020, 16:58:29 WIB

JawaPos.com – Aji Santoso menegaskan bahwa Persebaya Surabaya berlari kencang menyongsong kompetisi musim 2020. Pelatih Persebaya itu menyebut timnya sudah menjalani kesepakatan dengan beberapa pemain lama dan baru. Deal itu bukan sekadar lisan. Melainkan juga sudah ada yang menandatangani kontrak dan menerima uang muka.

’’Bonek tidak usah khawatir. Kami sudah menjalani kesepakatan dengan beberapa pemain. Pemain yang masuk kualitasnya lebih baik dari yang kami lepas,’’ kata Aji.

Persebaya Surabaya

Karena sudah bersepakat dengan beberapa pemain baru itu, kemarin (31/12) Persebaya pun mengumumkan melepas sembilan pemain. Dua di antaranya merupakan penjaga gawang. Yakni, Miswar Saputra dan Imam Arief. Selain itu, Green Force –julukan Persebaya–melepas Otavio Dutra, Andri Muliadi, Novan Setya Sasongko, dan Elisa Basna.

Tiga gelandang yang kerap dimainkan sejak menit pertama, Diogo Campos, Misbakus Solikin, dan Fandi Eko Utomo, juga masuk daftar yang kontraknya tidak diperpanjang. ’’Mereka merupakan pemain-pemain yang juga berkualitas. Namun, kami harus melepasnya. Pertimbangannya bukan semata soal teknis,’’ ujar Aji.

Menurut mantan pelatih Persela Lamongan itu, ada juga pemain yang dilepas karena negosiasi kontraknya tidak menemukan titik temu. ’’Dalam sepak bola profesional, keluar masuknya pemain adalah hal yang wajar,’’ ucapnya.

Meski begitu, dilepasnya Miswar dan Diogo tetap memantik banyak pertanyaan. Sebab, keduanya memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penampilan Persebaya musim 2019. Bahkan, posisi Miswar tidak tergantikan di bawah mistar. Sepanjang musim ini kiper asal Aceh itu tampil 32 kali. Dia hanya absen ketika sakit. Miswar juga melakukan 107 kali penyelamatan. Itu tercatat paling tinggi di Liga 1 musim 2019.

Terlebih, saat Miswar dilepas, Persebaya juga tidak memperpanjang Imam Arief. Artinya, Persebaya hanya menyisakan Abdul Rohim yang justru sebelumnya jarang dimainkan. ’’Di posisi penjaga gawang, kami sudah memiliki penjaga gawang baru,’’ ucap Aji. Apakah itu Angga Saputra? Mantan pelatih PSIM Jogja tersebut belum mau buka suara. ’’Tidak masalah kalau sama-sama tentara,’’ kata Aji ketika disodori pertanyaan kalau Persebaya memiliki dua kiper berstatus tentara. Ya, Rohim merupakan anggota TNI. Begitu juga Angga.

Terkait Diogo, Persebaya disebut Aji membutuhkan sosok playmaker asing. Sementara itu, Diogo merupakan pemain sayap. ’’Yang jelas, pengganti Diogo, kualitasnya jauh di atasnya,’’ paparnya.

Pada saat Persebaya melepas sembilan pemain, tim asal Kota Pahlawan itu juga mengumumkan perpanjangan kontrak Hansamu Yama Pranata. Bek asal Mojokerto tersebut menjadi pemain pertama yang dikenalkan sebagai anggota skuad Persebaya musim 2020. Selain Hansamu, Persebaya sejatinya masih mengikat kontrak David da Silva. ’’Untuk pemain lainnya segera kami umumkan secara bertahap,’’ tutur Aji.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads