alexametrics
Europa League

Jalan Lapang United, Arsenal, dan Wolverhampton di Europa League

31 Agustus 2019, 19:30:40 WIB

JawaPos.com – Kampanye wakil Inggris dalam melanjutkan hegemoni mereka di Liga Europa musim ini seolah dimudahkan. Bagaimana tidak, Manchester United, Arsenal, dan Wolverhampton Wanderers mendapat lawan yang cukup ramah.

Di grup F yang dihuni The Gunners, ancaman terbesar bagi mereka yang musim lalu jadi runner-up hanya datang dari Eintracht Frankfurt (Jerman) yang musim lalu menembus semifinal. Sedangkan dua tim lainnya, Standard Liege (Belgia) dan Vitoria Guimaraes (Portugal), diyakini hanya sebagai pelengkap. Setidaknya kans Arsenal lolos dari fase grup sudah 90 persen dengan regulasi dua tim teratas yang berhak ke fase knockout.

’’Grup yang menarik dan tentu saja Arsenal adalah favorit. Mereka punya pelatih top sekelas Unai Emery dan beberapa pemain yang berpengalaman di Bundesliga,’’ ucap der trainer Eintracht Adi Huetter sebagaimana dilansir situs resmi UEFA. Musim lalu, langkah Eintracht ke final dihentikan rival sekota Arsenal, Chelsea, yang kemudian bablas jadi juara.

Setali tiga uang dengan Arsenal, langkah United yang menempati grup L, tampaknya, tidak akan terbendung untuk lolos fase knockout berpredikat juara grup. Sebab, mereka hanya meladeni FC Astana (Kazakhstan), FK Partizan (Serbia), dan AZ Alkmaar (Belanda).

Hanya, yang mungkin jadi handicap Setan Merah untuk juara kali pertama sejak 2017 adalah kelelahan selama perjalanan. Bagaimana tidak, dua laga away kontra Astana (20/9) dan Partizan (25/10) membuat tim polesan Ole Gunnar Solskjaer itu harus terbang sejauh 18.350 kilometer.

Wakil Inggris yang bakal sedikit berkeringat lolos dari fase grup adalah Wolverhampton Wanderers. Wolves diprediksi masih bisa mengatasi peringkat ketiga Super Lig Turki musim lalu Besiktas. Untuk Braga, tactician Wolves Nuno Espírito juga tidak pernah kalah dalam delapan pertemuan terakhir dengan catatan 4 kali menang dan 4 kali imbang.

Undian relatif mudah tidak terjadi untuk wakil Italia dan Spanyol. Italia yang hanya diwakili dua tim sekota, Lazio dan AS Roma, mendapat undian tricky. Untuk Lazio, ancaman terbesar mereka datang dari Celtic (Skotlandia) dan Stade Rennais (Prancis).

Kekuatan Rennais musim ini bahkan sudah diakui tim kaya raya PSG di Ligue 1. Ya, Les Parisiens sudah kalah 1-2 pada journee kedua (19/8). Untuk Celtic, kegagalan pada kualifikasi Liga Champions membuat mereka ingin balas dendam dengan melaju jauh di Liga Europa musim ini. Kekuatan tim peraih treble winners Skotlandia musim lalu itu juga tidak banyak berubah.

Bagaimana dengan Roma? Tantangan Giallorossi mungkin tidak seberat Lazio. Tapi, mereka akan menghadapi runner-up Super Lig Turki musim lalu Istanbul Basaksehir yang juga buangan dari kualifikasi Liga Champions. Jangan lupakan Borussia Moenchengladbach yang belum terkalahkan dalam dua spieltag Bundesliga musim ini. Mereka juga nyaris lolos ke fase grup Liga Champions musim ini karena hanya tertinggal 3 poin oleh Bayer Leverkusen yang berada di posisi keempat Bundesliga musim lalu.

’’Grup ini seolah setara dengan fase grup Liga Champions dengan kehadiran Roma dan Moenchengladbach,’’ ujar pelatih Basaksehir Okan Buruk.

Untuk wakil Spanyol, mungkin hanya Sevilla di grup A yang bisa lolos dengan mudah dari fase grup. Pemilik gelar terbanyak di Liga Europa dengan lima trofi itu hanya akan menghadapi APOEL Nicosia (Siprus), Qarabag FK (Azerbaijan), dan F91 Dudelange (Luksemburg).

Sementara itu, Getafe yang berada di grup C bisa kesulitan melawan runner-up Swiss Super League FC Basel yang sudah terbiasa bermain di level Liga Champions dan kuda hitam Super Lig Turki Trabzonspor. Tim Spanyol lainnya, Espanyol, juga diprediksi akan sulit lolos dari grup karena kekuatan mereka dengan CSKA Moskva (Rusia), PFC Ludogorets Razgard (Bulgaria), dan Ferencvarosi TC (Hungaria) setara.

 

Pembagian Grup Liga Europa

Grup A

Sevilla

APOEL Nicosia

Qarabag FK

F91 Dudelange

Grup B

Dynamo Kyiv

FC Kobenhavn

Malmoe FF

FC Lugano

Grup C

FC Basel

FC Krasnodar

Getafe

Trabzonspor

Grup D

Sporting Lisbon

PSV Eindhoven

Rosenborg

LASK

Grup E

Lazio

Celtic

Stade Rennais

CFR Cluj

Grup F

Arsenal

Eintracht Frankfurt

Standard Liege

Vitoria Guimaraes

Grup G

FC Porto

Young Boys

Feyenoord

Rangers

Grup H

CSKA Moskva

PFC Ludogorets Razgard

Espanyol

Ferencvarosi TC

Grup I

VfL Wolfsburg

KAA Gent

Saint-Etienne

Olexandria

Grup J

AS Roma

Borussia Moenchengladbach

Istanbul Baseksehir

Wolfsberger AC

Grup K

Besiktas

Sporting Braga

Wolverhampton Wanderers

SK Slovan Bratislava

Grup L

Manchester United

FC Astana

FK Partizan

AZ Alkmaar

Keterangan: Matchday pertama dihelat 20 September 2019

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/tom



Close Ads