Gianluca Ferrero Gantikan Andrea Agnelli

30 November 2022, 15:55:34 WIB

JawaPos.com – Era kepemimpinan Andrea Agnelli di Juventus berakhir. Setelah dua belas tahun lamanya mengelola klub, pria 46 tahun itu memutuskan mengundurkan diri kemarin (29/11).

Langkah tersebut juga diikuti Wakil Presiden Pavel Nedved, CEO Maurizio Arrivabene, dan tujuh dewan direksi lain.

Andrea adalah generasi keempat keluarga Agnelli yang mengelola Juventus. Dia mengikuti jejak sang ayah (Umberto Agnelli), paman (Gianni Agnelli), dan kakek (Eduardo Agnelli).

Pengunduran diri Andrea dkk dilakukan setelah Juventus diduga telah membuat laporan keuangan palsu dan memanipulasi pasar. Saat ini kasus tersebut tengah diperiksa jaksa dan regulator pasar Italia.

Juventus sendiri musim lalu mengalami kerugian sebesar EUR 254,3 juta (Rp 4,13 triliun). Jumlah itu merupakan yang terbanyak di Serie A. Di tengah permasalahan tersebut, dewan merasa mundur adalah langkah terbaik.

’’Dan, dewan merekomendasi Juventus untuk membentuk dewan direksi baru yang akan mengatasi permasalahan ini,” tulis pernyataan resmi Juventus.

Nah, sejumlah sumber menyebut kepengurusan baru akan terbentuk dalam waktu sekitar satu bulan ke depan. Tepatnya, ketika rapat pemegang saham diselenggarakan pada 18 Januari mendatang.

Maurizio Scanavino, tangan kanan John Elkann (CEO Exor), disebut-sebut bakal mengisi jabatan sebagai CEO baru Juventus. Meski begitu, dalam masa transisi, Arrivabene diminta untuk terus menempati jabatan tersebut.

Lalu, lewat sebuah pernyataan resmi, Exor, perusahaan induk FIAT yang memiliki saham tertinggi di Juventus, juga menyebut nama Gianluca Ferrero sebagai pengganti Agnelli.

Ferrero yang punya latar belakang ekonomi merupakan deputy chairman of the board of directors Banca del Piemonte.

’’Ferrero memiliki pengalaman dan kompetensi yang bagus serta punya keinginan kuat bersama Bianconeri. Itu menjadikan dia sebagai kandidat terbaik untuk mengisi peran tersebut (presiden, Red),” kata Exor.

’’Kami akan memperbarui dewan direksi sesuai dengan ketentuan hukum,’’ imbuh pernyataan pemilik 63,8 persen saham Juventus tersebut.

Sementara itu, seperti dilaporkan Calciomercato, posisi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, masih aman setidaknya hingga akhir musim.

Pemilik Juventus disebut telah meminta Allegri dan Direktur Olahraga Federico Cherubini untuk tetap bertahan hingga akhir musim.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ka/c7/dra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads