alexametrics
La Liga Spanyol

FC Barcelona vs Atletico Madrid: Masalah Barca Itu Diri Sendiri

30 Juni 2020, 20:00:48 WIB

JawaPos.com – Berakhirnya jornada ke-32 membuat FC Barcelona berada dalam tekanan berat Real Madrid dalam persaingan gelar La Liga 2019–2020. Seiring kemenangan 1-0 Real di kandang Espanyol kemarin dini hari (29/6), Barca kini tertinggal dua angka (69-71) oleh rival El Clasico-nya tersebut.

Berkaca dari histori La Liga, belum ada klub yang sukses melakukan kudeta di puncak klasemen setelah jornada ke-32 sejak Real pada 2006–2007. Sialnya, Barca bakal menghadapi peringkat ketiga Atletico Madrid (ATM) dalam jornada ke-33 di Camp Nou dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB).

’’Kami adalah Barca dan musim ini belum berakhir,’’ ucap bek tengah Barca Gerard Pique sebagaimana dilansir Marca kemarin. Geri –sapaan akrab Gerard Pique– menyatakan bahwa Barca bisa mengejar Real dan mengatasi ATM asal bisa mengatasi satu syarat.

Yakni, mengatasi persoalan internal yang muncul setelah Barca ditahan 2-2 oleh Celta Vigo di Estadio Abanca-Balaidos dalam jornada ke-32 akhir pekan lalu (27/6).

Marca melaporkan, entrenador Barca Quique Setien terlibat adu argumentasi dengan pemainnya setelah laga. Bahkan, kapten tim sekaligus striker Barca Lionel Messi sampai tertangkap kamera tidak mau menghiraukan Setien maupun asistennya, Eder Sarabia, di sela water break kedua.

Keributan di Balaidos itu pun berlanjut di Ciutat Esportiva Joan Gamper –markas latihan Barca– kemarin. Seperti dilaporkan Sport dan El Pais, Setien saat ini seperti tidak dianggap Messi dkk. FC Barcelona Noticias malah menyebut situasi Setien saat ini tidak ada bedanya dengan Ernesto Valverde, entrenador yang dipecat sebelum hadirnya Setien.

Bomber Barca Luis Suarez mengungkapkan, ada sesuatu yang salah dengan penampilan timnya belakangan ini. ”Kami sudah tampil maksimal dan juga bermain mengikuti arahan pelatih,’’ ucap El Pistolero –julukan Suarez– sebagaimama dilansir AS.

Beredar rumor bahwa Presiden Barca Josep Maria Bartomeu sedang mengevaluasi posisi Setien. Pelatih berjuluk El Maestro itu terancam dipecat akhir musim ini dengan kontrak sejatinya masih tersisa hingga musim panas 2022.

Nama-nama calon pengganti pun sudah banyak beredar. Mantan pemain Barca Xavi Hernandez bahkan sudah terang-terangan menyebut jajarannya sedang mematangkan diri menjadi pelatih Barca musim depan. Mundo Deportivo mengklaim, tactician Barca B Xavi Garcia Pimienta ikut masuk opsi.

Dalam telekonferensinya tadi malam, Setien mengakui memang ada riak-riak dalam ruang ganti Barca. ’’Memang benar bahwa Anda akan sering berselisih dengan pemain seperti yang Anda alami di kehidupan sehari-hari. Aku rasa itu bukan hal yang baru,’’ ungkap pelatih 61 tahun tersebut. ’’Tidak semua pemain bisa ditangani dan aku memahaminya dengan sangat baik,’’ lanjut mantan nakhoda Real Betis itu.

Meski internal tim bergolak, Setien percaya diri Barca bakal baik-baik saja saat menghadapi ATM. Apalagi, secara histori, ATM juga sulit mencuri poin di Camp Nou seiring selalu pulang dengan tangan hampa dalam dua musim terakhir La Liga.

Meski memenangi empat laga terakhir, Los Colchoneros –julukan Atletico Madrid– meraihnya dengan susah payah. ”Menghadapi Barca di Camp Nou adalah pekerjaan paling berat di setiap musim. Tapi, kami selalu antusias,” ucap gelandang ATM Saul Niguez di laman resmi klub.

Perkiraan Pemain

FC Barcelona (4-3-3): 1-Ter Stegen (g); 2-Semedo, 3-Pique, 15-Lenglet, 18-Alba; 22-Vidal, 5-Busquets, 4-Rakitic; 10-Messi (c), 9-Suarez, 17-Griezmann
Pelatih: Quique Setien

Atletico Madrid (4-2-3-1): 13-Oblak (g/c); 4-Arias, 2-Gimenez, 18-Felipe, 12-Lodi; 5-Thomas, 16-Herrera; 7-Joao Felix, 14-Llorente, 8-Saul; 19-Diego Costa
Pelatih: Diego Simeone

Wasit: Alejandro Hernandez
Stadion: Camp Nou, Barcelona
Siaran langsung: beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB

Asian Handicap 0:½

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads