alexametrics

Bagi Gareth Southgate, Melawan Jerman adalah Melawan Trauma 25 Tahun

29 Juni 2021, 19:14:03 WIB

JawaPos.com – Di Wembley Stadium 25 tahun silam, tactician Inggris Gareth Southgate memiliki trauma adu penalti melawan Jerman. Ketika itu The Three Lions dipermalukan Die Mannschaft 5-6 dalam semifinal Euro 1996 dengan Southgate gagal menuntaskan tugas sebagai algojo penalti.

Di venue yang sama, dalam babak 16 besar Euro 2020 nanti malam, Inggris kembali berhadapan dengan Jerman (siaran langsung RCTI/iNews/ON Channel HD/Soccer Channel/Mola TV pukul 23.00 WIB). Memori penalti Southgate pun kembali menjadi topik perbincangan.

”Saya tidak perlu mengungkit-ungkitnya lagi. Sejarah sudah tidak relevan bagi skuad ini karena sebagian pemain kami belum lahir saat itu,” kata Southgate kepada ITV.

”Kalaupun kami mempersiapkannya (adu penalti, Red), itu memang sepantasnya sebagai skenario penghabisan (dalam mencari pemenang di fase knockout, Red),” imbuh pria berusia setengah abad tersebut.

Di bawah asuhan Southgate, Inggris tercatat sudah dua kali menjalani babak adu penalti dan berakhir sukses. Yaitu, babak 16 besar Piala Dunia 2018 saat mengalahkan Kolombia 4-3. Lalu, saat menaklukkan Swiss 6-5 pada perebutan posisi ketiga UEFA Nations League 2018–2019.

Selain faktor itu, Southgate tidak risau dengan adu penalti. Sebab, seperti laporan media-media Inggris, dia mengantisipasinya sejak tahun lalu atau setelah Euro 2020 diputuskan mundur setahun.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c19/dns

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads