alexametrics

Robbery Belum Habis, Robben Gabung Groningen dan Ribery di Fiorentina

29 Juni 2020, 12:27:45 WIB

JawaPos.com – Disatukan di Bayern Muenchen pada musim panas 2009, Arjen Robben dan Franck Ribery menjelma sebagai pasangan sehati. Selama satu dekade, Robbery –julukan dari fans Bayern untuk kolaborasi Robben dan Ribery– mengoleksi total 20 gelar di semua ajang yang diikuti klub asal Bavaria tersebut. Termasuk treble winners di musim pertama mereka.

Ketika sama-sama habis kontrak pada musim panas tahun lalu, Robben dan Ribery ternyata tidak ”sehati”. Ribery memilih tetap melanjutkan karir dengan memperkuat Fiorentina di Serie A, sedangkan Robben gantung sepatu.

Namun, pengumuman yang dibuat Robben kemarin (28/6) membuat Robbery seolah hidup kembali di lapangan hijau. Ya, pria 36 tahun yang bermain sebagai winger itu akhirnya memutuskan untuk kembali dari masa pensiun. Destinasinya adalah klub masa kecilnya, FC Groningen.

Robben bergabung dengan Akademi FC Groningen pada usia 12 tahun (1996) dan dipromosikan ke tim utama empat tahun kemudian. Dua tahun di tim utama Trots van het Noorden –sebutan FC Groningen– Robben direkrut klub raksasa PSV Eindhoven. Dari PSV, Robben bisa berkelana ke Chelsea, Real Madrid, hingga Bayern.

”Aku sudah menyiapkan diriku untuk kembali sebagai pesepak bola. Aku tidak tahu apakah ini akan berhasil, tetapi aku tahu aku memiliki motivasi dan komitmen yang tidak pernah berkurang,” kata Robben saat diperkenalkan FC Groningen kemarin seperti dilansir Voetbalnieuws.

Sejatinya, banyak pihak beranggapan bahwa Robben bakal kembali ke FC Groningen bukan sebagai pemain lagi, melainkan duduk di salah satu posisi penting di klub juara KNVB Beker 2014–2015 itu. Tapi, Robben menyebut dirinya menuruti kata hatinya alias masih ingin menjadi pelaku di lapangan hijau. ’’Aku ingin memberikan yang bisa aku lakukan untuk klub ini dengan berpartisipasi dan itu (bermain) adalah yang paling mudah,’’ papar Robben yang meneken kontrak bermain selama semusim (2020–2021) tersebut.

Ketika Robben kembali dari masa pensiun, Ribery yang berada di Firenze, kota yang berada 1.105 kilometer jauhnya dari Groningen, turut menyita atensi. Di Stadio Artemio Franchi, Ribery mencatatkan namanya lagi di papan skor saat Fiorentina menghadapi Lazio dalam lanjutan Serie A kemarin.

Meski Fiorentina kalah 1-2, Ribery mampu menciptakan gol lagi. Gol ketiganya bersama La Viola –julukan Fiorentina– pada menit ke-25 itu pun spesial. Pemain 37 tahun asal Prancis tersebut melakukannya lewat solo run dari sisi kiri area pertahanan Biancocelesti, julukan Lazio. Ferraribery, begitulah sebutan untuk gol khas Ribery tersebut.

Ribery dengan kecepatan yang tidak seperti dulu masih mampu meliuk-liuk melewati penjagaan bek Patricio Gabarron Gil atau biasa disebut Patric, gelandang Marco Parolo, dan bek Francesco Acerbi. ”Sepanjang membela Fiorentina, baru kali ini Ribery menunjukkan kemampuan seperti di masa hebatnya. Momentum yang dinantikan fans La Viola,’’ tulis Football Italia dalam analisisnya.

Gol tersebut adalah gol ketiga Ribery musim ini. ’’Aku selalu yakin bahwa dia (Ribery) masih ada untuk kami,’’ sebut allenatore Fiorentina Giuseppe Iachini seperti dilansir Tuttomercatoweb. Ribery sempat cedera robek ligamen engkel kanan pada awal Desember tahun lalu dan rehat Serie A karena pandemi Covid-19 memberinya waktu memulihkan diri.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren



Close Ads