alexametrics
Bundesliga Jerman

Musim Sempurna Lewandowski, Musim Perpisahan Werner dan Pizarro

29 Juni 2020, 13:00:52 WIB

JawaPos.com – Bundesliga menjadi liga elite Eropa pertama yang sukses menuntaskan musim dalam pandemi Covid-19. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Jerman tersebut berakhir pada Sabtu malam (27/6). Spieltag pemungkas (ke-34) itu pun diwarnai suka duka barisan der stuermer alias para striker.

Bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowski menjadi yang paling bahagia karena mengakhiri musim dengan sempurna. Tidak hanya membawa Die Roten –sebutan Bayern Muenchen– meraih Meisterschale ke-30, Lewy juga tampil sebagai Torjaegerkanone sekaligus player of the season.

Torehan 34 gol Lewy di Bundesliga 2019–2020 sekaligus yang tertinggi sejak striker FC Koeln Dieter Mueller mencetak 34 gol pada 1976–1977. ’’Hanya Der Bomber yang mampu mencetak lebih dari 34 gol semusim,’’ puji Chairman Bayern Karl-Heinz Rummenigge kepada Lewy seperti dilansir Kicker.

Lewy finis sebagai pencetak gol terbanyak liga dengan mengungguli striker RB Leipzig atau RBL Timo Werner (28 gol). Werner yang musim depan berkostum Chelsea menjalani laga terakhir bersama RBL dengan happy ending. Memborong dua gol kemenangan atas FC Augsburg dan menyalip rekor Daniel Frahn sebagai top scorer sepanjang masa RBL (95 gol).

Musim ini Turbo Timo –julukan Timo Werner– juga menjadi pemain yang melakukan hat-trick paling banyak alias tiga kali. Namun, aksi striker TSG 1899 Hoffenheim Andrej Kamaric memborong semua gol dalam kemenangan 4-0 atas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park tak kalah menjadi perbincangan. Padahal, striker asal Kroasia itu memulai musim ini dengan cedera lutut dan melewatkan tujuh spieltag awal.

Namun, bicara soal der stuermer, Claudio Pizarro adalah yang paling awet. Striker Werder Bremen itu menjadikan musim ini musim terakhirnya sebagai pesepak bola. Di usia yang genap 42 tahun pada 3 Oktober mendatang, striker berkebangsaan Peru tersebut sudah 12 musim terakhir bertahan di Bundesliga. Perinciannya, dua periode (total delapan musim) bersama Werder, tiga musim membela Bayern, dan semusim dengan FC Koeln.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads