alexametrics

Manyaksikan Thiago Alcantara Seperti yang Dulu

29 April 2022, 09:15:50 WIB

JawaPos.com – Selalu sulit meredam permainan Liverpool FC musim ini. Sebab, semua pemain LFC di lapangan memiliki kemampuan untuk jadi pembeda.

Terutama saat menghadapi kebuntuan dalam membongkar pertahanan ketat lawan seperti yang diperagakan para pemain Villarreal CF dalam first leg semifinal Liga Champions kemarin (28/4).

Tapi, dalam empat laga terakhir LFC, ada satu sosok unsung hero yang memberi andil atas hasil positif The Reds. Dia adalah Thiago Alcantara.

Gelandang asal Spanyol itu kembali menjadi instrumen penting sehingga LFC membobol gawang Villarreal dua kali di Anfield kemarin.

Thiago tidak mencatatkan namanya di papan skor, tetapi berperan dalam build-up serangan atas gol bunuh diri bek kiri Villarreal Pervis Estupinan (menit ke-53) dan sontekan false nine LFC Sadio Mane dua menit kemudian.

Akurasi umpan Thiago kemarin mencapai 97 persen di statistik resmi UEFA. Dalam derbi Merseyside (25/4), Thiago mencatatkan 98,4 persen.

Lalu 95,6 persen kontra Manchester United (20/4) dan 90,2 persen dalam semifinal Piala FA menghadapi Manchester City (16/4).

”Thiago dalam puncak permainan terbaiknya dalam dua pekan terakhir. Dia masih Thiago seperti yang kita kenal di Barca (FC Barcelona, Red) dulu,” tulis Marca dan Football Espana.

Penilaian yang mendapat pembenaran dari gelandang berusia 31 tahun itu. ”Aku pernah menikmati karierku di Barca dan kini aku menikmati karierku di sini (LFC),” ucap Thiago kepada Liverpool Echo.

Tidak hanya dianugerahi player of the match di Anfield, Thiago sekaligus dipilih UEFA sebagai player of the week (pemain terbaik dalam dua first leg semifinal Liga Champions pekan ini).

Kopites –sebutan fans LFC– yang disuguhi penampilan apik Thiago kemarin pun memberikan julukan kepada mantan pemain Bayern Munchen tersebut.

Yaitu ”Raja Baru” di lini tengah LFC. Sebutan yang musim lalu tidak disangka-sangka karena Thiago sempat dicap sebagai penghambat permainan cepat LFC dan tidak cocok dengan skema permainan The Reds.

Michael Owen, pandit sekaligus mantan striker legendaris LFC, turut memberikan penilaian atas performa Thiago belakangan ini. ”Dia baru menemukan jati dirinya sebulan lalu,” ucapnya kepada BT Sport.

Menurut Owen, Thiago mampu membuat dirinya sebagai pengatur serangan, tetapi di posisi enam. ”Hampir mirip dengan quarterback,” imbuhnya.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c9/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads