alexametrics

Kejar Jadwal, Coupe de France Digelar di Tengah Agenda Internasional

29 Januari 2022, 10:28:43 WIB

JawaPos.com – Bukan hanya Liga 1 (Indonesia) yang terus bergulir di tengah agenda internasional. Coupe de France (Piala Prancis) juga memainkan babak 16 besar sepanjang akhir pekan ini.

FC Nantes versus Stade Brestois 29 sudah mengawali fase perdelapan final dini hari tadi (29/1) dan dipungkasi dengan grand match antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan OGC Nice.

Dua tim yang menempati dua besar di klasemen sementara Ligue 1 saat ini.

Tentu saja janggal melihat klub dari liga elite Eropa masih bertanding di tengah agenda internasional. Hal itu memang baru terjadi musim ini.

Pada musim-musim sebelumnya, Coupe de France menghormati agenda internasional dengan tidak menggelar pertandingan.

Tetapi, semuanya berubah sejak kasus positif Covid-19 di Prancis meningkat tajam bulan lalu. FFF (PSSI-nya Prancis) pun bergerak cepat. Demi mengejar jadwal supaya tidak molor, Coupe de France diputuskan tetap bergulir.

”Kami pun menangguhkan aturan yang mengharuskan setiap tim menurunkan tujuh pemain yang berpartisipasi minimal dalam satu dari dua pertandingan terakhir tim tersebut,” tulis FFF di laman resmi federasi.

Itu berarti tim-tim besar bisa memainkan pemain cadangan, bahkan dari akademi sekalipun. Peraturan yang sebenarnya diberlakukan sejak babak 32 besar pada awal tahun ini.

Hanya, seiring tidak ada agenda internasional, tim besar seperti PSG tetap menurunkan komposisi tangguh.

Sejatinya, skuad PSG yang bertabur bintang dan punya kedalaman bagus tidak terlalu pincang minus para pemain yang tampil dalam agenda internasional.

Nama-nama yang absen seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Leandro Paredes (Argentina), Marquinhos (Brasil), hingga Achraf Hakimi (Maroko) serta Idrissa Gueye dan Abdou Diallo (Senegal) relatif bisa ditutup pemain lain.

”Klub ini juga memiliki (pemain) akademi luar biasa. Memberikan kesempatan bermain bersama tim utama di laga resmi akan menjadi pengalaman hebat bagi perkembangan karier mereka,” beber entraineur PSG Mauricio Pochettino kepada L’Equipe.

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : io/c19/dns

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads