alexametrics

Ten Hag Ubah Mindset Pemain dan Kedisiplinan

28 Juni 2022, 09:28:40 WIB

JawaPos.com – Beban Erik ten Hag paling berat ketimbang pelatih big six Premier League lainnya musim depan (2022–2023).

Selain “newbie” di Premier League, Ten Hag dituntut membenahi Manchester United yang menjalani musim terburuknya pada musim lalu.

Karena itu, Ten Hag memulai agenda pramusim lebih awal. Kemarin (27/6) David de Gea dkk sudah datang ke Manchester United Training Centre, Carrington.

Bandingkan dengan big six lain seperti Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Liverpool FC yang baru kickoff bulan depan.

Juara bertahan Manchester City malah belum menentukan kapan memulai pramusim.

Arsenal memang juga memulai pramusim kemarin. Tapi, hanya empat pemain senior yang berlatih di London Colney (kamp latihan Arsenal). Salah satunya gelandang Thomas Partey.

Pramusim hari pertama United kemarin diikuti oleh pemain yang tidak membela timnas dalam FIFA Matchday dua pekan lalu. Ten Hag pun sudah berada di Carrington pukul 08.00 bersama asistennya, Steve McClaren.

Para pemain seperti De Gea, Tom Heaton, Phil Jones, Donny van de Beek, Luke Shaw, Nathan Bishop, hingga Brandon Williams baru datang ke Carrington 1,5 jam setelah Ten Hag. Total ada 15 pemain senior yang bergabung.

”Erik (Ten Hag, Red) mengingatkanku kepada Fergie (Sir Alex Ferguson, pelatih legendaris United, Red) dengan kedisiplinannya,” kata McClaren yang pernah menjadi asisten Ferguson pada periode 1999–2001 kepada Daily Mail.

Ten Hag lebih awal melakukan pramusim karena ingin mengubah mindset pemain. ”Ten Hag ingin melatih para pemain United supaya bisa bermain dengan otak,’’ sebut sumber Daily Mirror di Carrington.

”Jadi, para pemain United akan banyak dipaksa berlari, tetapi mereka akan berlari dengan bola. Bukan hanya berlari di atas bukit pasir,’’ sambung sumber tersebut.

Sesi latihan pramusim di Carrington berlangsung sampai 10 Juli atau sebelum bertolak menuju Thailand dalam laga pramusim menghadapi Liverpool FC di Rajamangala Stadium, Bangkok (12/7).

Sesi pramusim juga dimanfaatkan Ten Hag untuk membawa kebiasaannya di De Toekomst (kamp latihan AFC Ajax) ke United.

Seperti rumput latihan yang harus dipotong setinggi 15 milimeter. Lalu, membiasakan lagi pemain United makan bersama setelah latihan.

”Membiasakan seluruh pemain makan bersama setelah latihan bakal membentuk kekompakan pemain. Tradisi yang perlahan menghilang sejak era Sir Alex Ferguson,’’ tulis Give Me Sport dalam ulasannya.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c17/dns

Saksikan video menarik berikut ini: