alexametrics
Serie A Italia

AS Roma vs AC Milan: Tuan Rumah Krisis Pemain, Tamu Krisis Mental

27 Oktober 2019, 18:00:40 WIB

JawaPos.com – Posisi AS Roma di klasemen Serie A (peringkat keenam dengan meraih 13 poin) boleh saja sedikit lebih baik daripada AC Milan (peringkat ke-12 dengan meraih 10 poin). Tetapi, sejatinya kondisi Giallorossi –julukan Roma– tidak lebih baik ketimbang Milan.

Itu mengacu kepada krisis pemain akibat cedera yang kini menggerogoti tim asuhan Paulo Fonseca itu. Bagaimana tidak. Setidaknya ada tujuh pemain yang menepi karena cedera.

Mereka adalah bek kanan Davide Zappacosta yang cedera ligamen lutut, gelandang Lorenzo Pellegrini (retak metatarsal), wide attacker Henrikh Mkhitaryan (abduktor), gelandang Amadou Diawara (lutut), gelandang Bryan Cristante (abduktor), wide attacker Cengiz Under (paha), dan striker Nikola Kalinic (retak fibula).

Ya, empat di antara tujuh pemain tersebut merupakan personel lini kedua. Itu yang membuat alternatif Roma untuk pemain di lini tengah sangat terbatas saat melawan Milan pada giornata kesembilan (siaran langsung beIN Sports 2 pukul 00.00 WIB).

Bahkan, Fonseca sampai memainkan Gianluca Mancini yang berposisi asli sebagai bek tengah menjadi gelandang pada matchday ketiga fase grup Liga Europa melawan Borussia Moenchengladbach (25/10). Itu belum termasuk menyertakan bek kiri tim Primavera Riccardo Calafiori di bench pada laga yang berakhir 1-1 itu.

Kondisi Roma untuk laga nanti diperparah absennya wide attacker Justin Kluivert karena skors. Praktis, mereka hanya menyisakan winger 20 tahun Mirko Antonucci untuk pemain lini kedua dari tim utama yang tersisa di bench kontra Milan.

’’Kekhawatiran terbesar saya saat ini adalah membuat tim secara fisik kembali fit melawan Milan (setelah laga kontra Moenchengladbach, Red). Kami tidak bisa bereksperimen (di strategi, Red) karena tidak punya banyak pilihan pemain,’’ ucap Fonseca sebagaimana dilansir Corriere dello Sport.

Roma juga dihadapkan pada fakta belum pernah mencatatkan clean sheet di Olimpico musim ini di Serie A. Dalam empat giornata, gawang Pau Lopez selalu bobol. Satu-satunya clean sheet di kandang justru diperoleh saat menang 4-0 atas Istanbul Basaksehir pada matchday pertama fase grup Liga Europa (20/9).

Milan juga menghadapi krisis. Tetapi, bukan badai cedera seperti Roma, melainkan krisis psikis para pemain. Itu dipicu pemecatan pelatih Marco Giampaolo yang hanya bertahan tujuh giornata karena menelan empat kekalahan.
Stefano Pioli yang menjadi suksesor juga belum banyak memberikan perubahan. Laga debutnya pada giornata kedelapan kontra tim promosi Lecce hanya berakhir imbang 2-2 (21/10).

Salah satu handicap Milan adalah lemah pada 45 menit kedua. Buktinya, 9 gol di antara 11 kemasukan terjadi setelah turun minum. Bila diperinci, 4 gol lawan lahir pada 15 menit akhir. Konsistensi menjadi pekerjaan rumah Pioli untuk memperbaiki Milan.

’’Kami sedikit lebih bebas (di lapangan, Red) dengan Pioli. Dan, saya menyukai strateginya. Kami yakin perlahan akan naik ke papan atas klasemen,’’ ujar bek kiri Milan yang musim ini didatangkan dari Real Madrid Theo Hernandez.

Perkiraan Pemain

AS Roma (4-2-3-1): 13-Lopez (g); 37-Spinazzola, 23-Mancini, 6-Smalling, 12-Kolarov; 27-Pastore, 21-Veretout; 24-Florenzi (c), 22-Zaniolo, 8-Perotti; 9-Dzeko
Pelatih: Paulo Fonseca

AC Milan (4-3-3): 99-Donnarumma (g); 2-Calabria, 22-Musacchio, 13-Romagnoli (c), 19-Hernandez; 79-Kessie, 21-Biglia, 39-Paqueta; 8-Suso, 17-Leao, 10-Calhanoglu
Pelatih: Stefano Pioli

Wasit: Daniele Orsato
Stadion: Olimpico, Roma
Live: beIN Sports 2 pukul 00.00 WIB

Asian Handicap: 0:1/4

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads