alexametrics
Premier League

Selalu Menang, tapi Liverpool Mesti Kebobolan di Tiga Pekan Awal

26 Agustus 2019, 17:30:19 WIB

JawaPos.com – Raihan tiga kemenangan dalam tiga pekan menjadikan Liverpool sebagai satu-satunya tim yang masih sempurna di Premier League 2019–2020. Namun, tactician Liverpool Juergen Klopp harus mengakui bahwa lini belakangnya berlubang karena selalu kebobolan dalam tiga pertandingan.

Berkaca dari kemenangan 3-1 atas Arsenal di Anfield (25/8), tembok pertahanan The Reds masih mudah ditembus. Frekuensi kebobolannya pun selalu di paro kedua saat sudah unggul.

Pada pekan pembuka melawan Norwich City (10/8), striker Teemu Pukki menjebol gawang Adrian San Miguel pada menit ke-64. Menghadapi Southampton pada matchweek kedua (17/8), giliran Danny Ingsyang yang mencetak gol pada menit ke-83 dengan memanfaatkan blunder Adrian.

Nah, kemarin gelandang Lucas Torreira-lah yang membuat Liverpool gagal mencatatkan clean sheet perdana mereka musim ini pada menit ke-85.

Performa itu seolah lanjutan dari pramusim. Dari tujuh kali melakoni laga persahabatan, hanya sekali Liverpool clean sheet. Itu pun terjadi saat menang setengah lusin gol tanpa balas melawan Tranmere Rovers (12/7) yang notabene hanya klub League One (kasta ketiga liga Inggris).

’’(Ketika kami unggul 3-0) Arsenal sebenarnya sudah tidak benar-benar menekan kami lagi. Tetapi, kami malah melakukan blunder dengan mengoper bola ke mereka dan itu tidak masuk akal,’’ ucap Klopp seperti dilansir Sky Sports. ’’Kami harus memperbaikinya meski saya bahagia atas kemenangan ini,’’ lanjutnya.

Salah satu momen yang menandakan rapuhnya kinerja lini belakang Liverpool justru ditunjukkan bek termahal mereka, Virgil van Dijk. Kapten timnas Belanda itu akhirnya berhasil dilewati setelah 50 pertandingan Premier League. Pelakunya adalah wide attacker baru The Gunners, Nicolas Pepe.

Momen langka tersebut terjadi saat pertandingan baru berjalan 7 menit. Menerima bola clearance dari lini belakang Arsenal, Pepe dengan gesit berhasil memenangi adu sprint dengan Van Dijk di sisi kiri pertahanan Liverpool.

Pepe yang dibeli Arsenal dari Lille seharga GBP 72 juta (Rp 1,24 triliun) menjadi yang pertama melakukan itu sejak Mikel Merino bersama Newcastle United tahun lalu. Atas aksi Pepe tersebut, Gooners di Anfield pun bergemuruh.

’’Mungkin peluang terbaik kami pada babak pertama hadir dari Pepe. Semua menjadi sulit setelah gol pertama mereka,’’ kata tactician Arsenal Unai Emery kepada CNN. Kekalahan dari Liverpool membuat Arsenal gagal hat-trick menang dalam tiga pekan awal Premier League musim ini.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io/dns


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads