alexametrics

Mengintip Aksi Para Pelatih Termahal Dunia Melawan Pandemi Korona

26 Maret 2020, 19:28:12 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 yang mewabah di hampir seluruh belahan dunia memicu lahirnya berbagai aksi sosial. Termasuk yang dilakukan beberapa pelatih elite Eropa.

Aksi sosial terbaru dilakukan pelatih Manchester City Pep Guardiola kemarin (25/3). Sebagaimana diberitakan Mundo Deportivo, Pep memutuskan berdonasi EUR 1 juta (Rp 17,48 miliar) untuk melawan pandemi Covid-19 lewat sebuah yayasan di Catalan, yakni Angel Soler Daniel Foundation.

Donasi Pep tersebut hanya 1/27 gaji yang diterimanya selama setahun di City. Berdasar artikel yang dilansir majalah Prancis France Football, mantan pelatih FC Barcelona dan Bayern Muenchen itu adalah pelatih dengan bayaran terbanyak ketiga di dunia setelah Diego Simeone (Atletico Madrid) dan Antonio Conte (Inter Milan) (selengkapnya lihat grafis).

Angel Soler Daniel Foundation dalam situs resminya menyebutkan, aktivitas donasi mereka dibuka sejak akhir pekan lalu (21/3). Sebelum masuknya sumbangan dari Pep, Angel Soler Daniel Foundation sudah mengumpulkan dana EUR 33 ribu (Rp 576,94 juta).

’’Hasil donasi yang kami dapatkan ini akan kami gunakan untuk membeli kebutuhan peralatan medis serta mendukung finansial para dokter. Kebutuhan peralatan medis yang mendukung melawan pandemi Covid-19 untuk sementara mengalami kelangkaan di Catalan,’’ tulis Angel Soler Daniel Foundation.

Selain membantu suplai peralatan bagi tenaga medis untuk rumah sakit di Catalan, penggalangan dana dilakukan untuk memproduksi secara masal kebutuhan kesehatan individu. Misalnya, masker.

Mundo Deportivo melaporkan, Spanyol merupakan negara kedua yang terdampak Covid-19 paling buruk di Eropa setelah Italia. Pandemi yang menyerang pernapasan itu telah membuat 40 ribu orang positif terdampak dengan laporan angka kematian mencapai 2.696 orang.

Bukan kali ini saja Pep menunjukkan kepedulian kepada Catalan, negara bagian Spanyol yang membesarkan namanya. Dua tahun lalu, ketika gerakan referendum Catalan meluas dan polisi Spanyol memenjara aktivis referendum, pelatih kelahiran Santpedor itu memakai pita kuning sebagai lambang keprihatinan atas represi yang diterima para aktivis.

Terpisah, pelatih dengan pendapatan terbanyak, Simeone, juga tak mau ketinggalan beramal di tengah situasi saat ini. Seperti diberitakan Sports Finding, El Cholo –julukan Simeone– berkampanye bersama sang istri, Carla Pereira, untuk Atletico Foundation dan Palang Merah Internasional. ’’Kami menunggu donasimu untuk membantu penyediaan peralatan medis bagi mereka yang bertarung menghadapi Covid-19. Saya dan kamu bersama melawan musuh besar dunia saat ini,’’ seru Simeone.

Menurut Clarin, Simeone dan Pereira memang aktif dalam gerakan kemanusiaan. Sekali setiap tahun di Hari Pangan Dunia yang jatuh pada 16 Oktober, keduanya berkampanye untuk pengumpulan makanan dan mendistribusikannya kepada kaum tidak berpunya.

Di sisi lain, seperti dikabarkan Daily Mail, pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho yang juga menempati pelatih berbayaran tertinggi kelima di dunia membuat gerakan turba (turun ke bawah) dalam pendistribusian barang untuk kaum lanjut usia.

Mou yang bekerja sama dengan Age UK dan Love Your DoorStep membagi parsel kebutuhan pokok para lansia yang tinggal di sekitar kawasan latihan Spurs di Enfield, London. ’’Saya di sini membantu Age UK Enfield, Love Your DoorStep Enfield, dan selain seperti apa yang saya lakukan ini, kalian bisa membantu berkontribusi makanan dan uang,’’ kata pelatih asal Setubal, Portugal, tersebut.

Aktivitas distribusi itu memang diinisiasi Age UK dan Love Your DoorStep yang notabene lembaga nirlaba sehari setelah pemerintah Inggris memberikan instruksi agar lansia tinggal di rumah selama pandemi Covid-19.

PELATIH BERGAJI TAHUNAN TERMAHAL DUNIA

(Sepuluh besar, versi France Football)
1. Diego Simeone (Atletico Madrid) : EUR 40,5 juta (Rp 718,9 miliar)
2. Antonio Conte (Inter Milan) : EUR 30 juta (Rp 532,5 miliar)
3. Pep Guardiola (Manchester City) : EUR 27 juta (Rp 479,25 miliar)
4. Juergen Klopp (Liverpool) : EUR 24 juta (Rp 426 miliar)
5. Jose Mourinho (Tottenham Hotspur) : EUR 23 juta (Rp 408,25 miliar)
6. Zinedine Zidane (Real Madrid) : EUR 23 juta (Rp 408,25 miliar)
7. Ernesto Valverde (tanpa klub) : EUR 19 juta (Rp 337,25 miliar)
8. Fabio Cannavaro (Guangzhou Evergrande) : EUR 14 juta (Rp 248,5 miliar)
9. Massimiliano Allegri (tanpa klub) : EUR 13,5 juta (Rp 239,62 miliar)
10. Rafael Benitez (Dalian Pro) : EUR 13 juta (Rp 230,75 miliar)

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra



Close Ads