JawaPos Radar

Dituduh Terlibat Kudeta Turki, Ini Jawaban Eks Striker Inter Milan

25/08/2016, 20:20 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Dituduh Terlibat Kudeta Turki, Ini Jawaban Eks Striker Inter Milan
Sukur membantah terlibat dalam kudeta di Turki (en.apa.az)
Share this

JawaPos.com - Eks striker Internazionale Milan, Hakan Sukur, akhirnya angkat bicara terkait tuduhan keterlibatan dirinya dalam kudeta Turki beberapa waktu lalu. 

Sukur yang juga legenda timnas Turki dilabeli buronan dan surat perintah penangkapan telah diterbitkan. Dia dituduh bergabung dengan Fethullah Gulen yang diduga kuat sebagai dalang di balik kudeta militer yang gagal.

Usai pensiun sebagai pesepak bola, Sukur memang memilih karier di dunia politik. Dia menjabat sebagai anggota palermen dari partai AK yang berkuasa selama dua tahun dari 2011. Sukur mengundurkan diri setelah digiatkan penyelidikan kasus korupsi tokoh senior pemerintah. 

Sukur sendiri dikabarkan selama setahun terakhir pindah ke Amerika Serikat dan menetap di sana. Dia dianggap berseberangan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Setelah beberapa lama bungkam, Sukur akhirnya buka suara. Dia menanggapi tuduhan keterlibatan dirinya dalam kudeta di Turki lewat Twitter. Sukur membantah telah terlibat dalam kudeta tersebut.

"Saya tidak bersalah. Saya mendengar dan melihat di media banyak komentar tentang keterlibatan saya dan itu membuat saya sangat sedih," katanya.

"Sampai hari ini saya telah mencoba untuk transparan dan selalu membantu menegakkan landasan hukum dan masyarakat. Saya memegang prinsip ini keika terjun ke politik dan saya juga menyadari bahwa politik sejatinya bukan untuk saya," imbuh Sukur dalam cuitannya.

Sukur menegaskan bahwa dia tak pernah berhubungan dengan gerakan Gulen dan menolak secara keras terlibat dalam kudeta.

"Tuduhan tersebut tidak berdasar. Saya tak pernah berkomunikasi dengan Gulen. Bahkan, saya mengutuk keras upaya kudeta militer untuk menjatuhkan presiden terpilih," lanjut Sukur.

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Sukur dikenal dengan julukan Banteng Bosphorus terkait agresivitasnya. Dia mencetak 51 gol dalam 112 penampilan untuk timnas Turki. Di level klub, selain bermain bersama Inter, Sukur juga berkostum Parma, Blackburn Rovers, dan tentunya Galatasaray. (epr/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up