alexametrics

Preview Manchester City vs PSG: Ketika Pep Juga Punya La Pulga

24 November 2021, 09:49:20 WIB

JawaPos.com – Banyak sebutan untuk gelandang Manchester City Phil Foden. Antara lain, Gazza dari Stockport, Iniesta dari Stockport, hingga yang terbaru: Messi dari Stockport.

Sebutan yang terakhir, sepertinya, paling cocok dengan kemauan tactician City Pep Guardiola.

Seperti diulas L’Equipe, Foden bak Messi bagi Pep. Dalam wawancara musim lalu, ketika melihat Foden, Pep seperti melihat La Pulga alias Si Kutu yang tumbuh dan berkembang pada usia muda di FC Barcelona.

”Saya tidak bertemu Leo (panggilan karib Messi, Red) pada usia 17 tahun seperti saya bertemu Phil (Foden).”

”Pada usia itu, saya belum pernah melihat pemain yang punya potensi seperti Phil,’’ begitu Pep memuji gelandang yang menembus tim utama City pada usia 16 tahun atau lima tahun silam tersebut.

Setelah hanya bermain 22 menit terakhir dalam pertemuan di Parc des Princes (29/9), dini hari nanti akan membuktikan apakah Foden memang pantas bersaing dengan Messi yang membela Paris Saint-Germain (PSG) di Etihad Stadium (siaran langsung SCTV/beIN Sports 1/Champions TV 1/Vidio pukul 03.00 WIB).

Di Parc des Princes, Messi berjaya setelah mencetak gol kedua dalam kemenangan 2-0. Di sisi lain, setelah pulang dari Parc des Princes, Foden juga selalu mendapatkan tempat sebagai starter dalam skema main yang diusung Pep.

”Perkembangan permainan Foden sangat luar biasa, terutama kemampuan dalam memainkan peran di berbagai posisi,” tulis Manchester Evening News (MEN).

Dari 14 kali penampilannya di semua ajang musim ini, Foden telah bermain sebagai striker, wide attacker, hingga gelandang.

Pemilik statistik 5 gol dan 4 assist itu pun menularkan performa impresifnya di City ke timnas Inggris. Dari empat caps terakhir, Foden menorehkan 3 assist.

Performa moncer Foden itu pulalah yang membuat Pep tidak risau ketika Raheem Sterling, Gabriel Jesus, bahkan Kevin De Bruyne, maupun Jack Grealish absen.

Sebab, ada gelandang 21 tahun yang bisa diandalkan di lini serang timnya.

”Berhadapan dengan klub yang diperkuat sederet pemain hebat (PSG) akan memberikan kesempatan sekaligus pengalaman sangat berharga bagi dia (Foden),” beber Pep kepada Canal+.

Sementara itu, Messi sedang dalam tren positif setelah mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 3-1 PSG atas FC Nantes di Ligue 1 akhir pekan lalu (21/11).

Lionel Messi merayakan golnya ke gawang RB Leipzig. (FRANCK FIFE / AFP)

Musim lalu, juga terjadi di fase grup Liga Champions, Les Parisiens mempermalukan klub sekota City, Manchester United, dengan skor 3-1 di Old Trafford (3/12/2020).

”Tentu tidak akan mudah mereplika hasil sebelumnya (mengalahkan City 2-0 di Parc des Princes, Red) karena mereka sangat kuat di kandang.”

”Kami pun tidak akan memakai cara yang sama (untuk coba kembali mengalahkan City, Red),” tutur  kapten sekaligus bek tengah PSG Marquinhos di laman resmi klub.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c6/dns



Close Ads