alexametrics

Si Bandit dari Bilbao Akhirnya Balik ke Bilbao

24 September 2020, 23:00:53 WIB

JawaPos.com-Jika Leroy Sane mengincar Piala Super Eropa sebagai trofi pertamanya bersama Bayern Muenchen, Javi Martinez sebaliknya.

Gelandang bertahan yang bisa bermain sebagai bek tengah itu bakal menjadikan Piala Super Eropa sebagai trofi terakhirnya bersama Die Roten.

Itu setelah Bayern mengumumkan bahwa Javi telah sepakat mengakhiri delapan tahun kebersamaannya dengan klub asal Bavaria tersebut. Delapan tahun silam atau pada musim panas 2012, Javi menjadi pemain Spanyol pertama yang membela Bayern.

Kini, pemain 32 tahun tersebut sekaligus jadi Spaniard terakhir yang meninggalkan Saebener Strasse, sebutan markas latihan Bayern. Sebab, gelandang Thiago Alcantara lebih dulu pergi ke Liverpool FC pekan lalu (18/9).

Pergi ke mana Javi? Bild sudah menyebut, Javi balik kucing ke klub lamanya, Athletic Bilbao. Biaya transfernya EUR 10 juta (Rp 173,1 miliar). Javi enam tahun membela Athletic Bilbao sebelum bergabung dengan Bayern.

Kabar Javi kembali ke Athletic Bilbao sudah tercium ketika dia terlibat obrolan dengan Thiago maupun Lucas Hernandez (bek Bayern berkebangsaan Prancis tapi besar di Madrid, Spanyol) dalam sebuah sesi latihan. Obrolan mereka terdengar karena saat itu sesi live Instagram Bayern.

Berbicara dalam bahasa Spanyol, Javi menyebut ingin memakai nomor incarannya di Athletic Bilbao. ’’Aku sudah ditunggu nomor punggung 2 di sana (Athletic Bilbao Red),’’ sebut Javi saat itu.

Nomor 2 di Athletic Bilbao tidak terlalu favorit, bahkan dipakai striker seperti Gaizka Toquero (2008–2015) maupun Kenan Kodro dua musim lalu.

Meski Javi masih ikut dalam rombongan Bayern ke Budapest, CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge sudah mengucap auf wiedersehen untuk Si Bandit dari Bilbao, julukan Javi semasa membela Athletic Bilbao.

”Terima kasih atas segalanya, Javi Martinez. Semoga bisa menemukan kesuksesan bersama klub barumu,’’ tulis Rummenigge, di Instagram.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c13/dns




Close Ads