alexametrics

Jelang Satu Dekade, Status Kiper No 1 David de Gea Malah Terancam

24 September 2020, 22:41:42 WIB

JawaPos.com – Tahun depan tepat satu dekade David de Gea berkostum Manchester United. Namun, musim ini bisa jadi adalah kesempatan terakhirnya menjadi kiper utama United.

Tanda-tanda itu tersaji pada putaran ketiga Piala Liga kemarin dini hari (23/9). Yakni, saat United menang 3-0 atas Luton Town.

Kiper kedua Dean Henderson yang menggantikan peran De Gea tampil mengesankan. Dia mencatat clean sheet dengan performa yang gemilang. Kiper 23 tahun itu membuat penyelamatan hebat pada menit ke-81.

Dia menepis tandukan bek tuan rumah Tom Lockyer di sisi kanan. Padahal, arah bola cukup kencang meski menuju ke tiang dekat. SPORTBible sampai menamai refleks kilat tangan kanan Henderson bak cakar kucing. Bola muntah kemudian disapu bek tengah Eric Bailly yang menjadi man of the match.

Hebatnya lagi, momen krusial yang dilakukan Henderson itu terjadi saat kedudukan masih 1-0 bagi United berkat gol penalti gelandang Juan Mata sebelum turun minum.

Sontak, aksi tersebut membuat angin kian berpihak kepada United dengan mencetak dua gol lagi di akhir laga. Artinya, penyelamatan Henderson kemarin juga menyelamatkan United dari tren buruk setelah kalah 1-3 dari Crystal Palace pada matchweek pembuka Premier League (19/9).

Aksi Henderson kemarin langsung menghebohkan media sosial. Beberapa media Inggris bahkan yakin jebolan akademi United itu layak kembali dipercaya menjadi kiper utama untuk menggantikan De Gea saat menghadapi Brighton & Hove Albion (26/9).

”Aku memimpikan ini seumur hidupku. Menjalani debut, clean sheet, dan menang!” cuit Henderson seperti dilansir The Sun.

Tidak berlebihan jika Henderson dicap sebagai ancaman singgasana De Gea. Musim lalu Henderson hanya kebobolan 33 gol saat menjalani masa pinjaman bersama Sheffield United di Premier League.

Sementara itu, De Gea kebobolan 36 kali. Meski, nominal clean sheet keduanya sama-sama 13 kali. Performa itulah yang membuat United menariknya dan memperpanjang kontrak Henderson hingga lima tahun.

Manajer United Ole Gunnar Solskjaer ikut memuji penampilan hebat Henderson. Namun, Ole –sapaan Solskjaer– tidak ingin menambah panas ruang ganti yang belum sepenuhnya kondusif.

Sebab, De Gea masih berstatus kiper utama. ”Yang terpenting, kami lolos (ke putaran keempat, Red). Itu (melakukan penyelamatan) adalah tugas kiper. De Gea sudah melakukannya bertahun-tahun dan hari ini giliran Henderson,” papar pelatih asal Norwegia tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c14/bas




Close Ads