alexametrics
Serie A Italia

Sarri Sakit Pneumonia, Juventus Dipimpin Martusciello di Awal Musim

24 Agustus 2019, 18:30:34 WIB

JawaPos.com – Seperti yang sudah diprediksi, Juventus kehilangan Maurizio Sarri lebih lama. Bukan hanya dalam laga pembuka Serie A melawan Parma di Ennio Tardini, Parma, malam nanti WIB. Mister 33, julukan Sarri, harus absen dari bench Juve pada dua giornata pertama di Serie A.

Termasuk saat menjalani grande partita kontra Napoli di Allianz Stadium, Turin, pekan depan (1/9). ’’Kami ingin dia dapat menjalani pemulihan total dari pneumonia yang dideritanya. Meski begitu, kami tetap membolehkan dia datang ke kamp latihan untuk berkoordinasi bersama stafnya. Seperti hari-hari biasa,’’ tulis situs resmi Juve kemarin WIB (23/8).

Nah, sebagai penggantinya di bench, asistennya, Giovanni Martusciello, yang memegang kendali. Seperti Sarri, Martusciello adalah sosok anyar di La Vecchia Signora, julukan Juve. Dua musim lalu, dia jadi tangan kanan Luciano Spalletti di Inter Milan. Dengan Sarri, dia bersahabat sejak di Empoli.

Ya, Martusciello jadi asisten Sarri di Empoli selama tiga musim. Begitu akrabnya, ketika dia pindah ke Castel Volturno, kamp latihan Napoli, dan Chelsea, Sarri sempat mengajaknya ikut serta. Tetapi, Martusciello menolaknya. Di Serie A, pelatih 47 tahun tersebut mempunyai reputasi buruk. Dia yang jadi nakhoda Empoli saat terdegradasi ke Serie B pada 2016–2017.

Reputasi itu yang bisa jadi alasan jika Giorgio Chiellini dkk kembali seperti awal musim 2015–2016. Dalam periode pertama Massimiliano Allegri jadi pelatih Juve itu, klub penguasa Serie A tersebut tersungkur dalam dua giornata pertama meski di akhir musim Juve tetap bisa meraih scudetto ke-32.

Bagi Juve, memulai musim dengan kendali asisten pelatih juga pernah mereka alami saat musim 2012–2013. Saat itu Antonio Conte dan Angelo Alessio, asisten Conte, dilarang duduk di bench Juve lantaran sanksi skandal Scomessopoli di Siena 2010–2011. Conte sepuluh bulan dan Alessio dua bulan. Hebatnya, di tangan Massimo Carrera, sang asisten, Juve unbeaten dalam tujuh giornata pertama Serie A. ’’Kami takkan berubah (meski tanpa Sarri, Red). Sebab, ide-ide Sarri masih bersama kami,’’ ungkap Wakil Presiden Juve Pavel Nedved dalam situs resmi klub.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads