alexametrics

Kapasitas Stadion Lotus di Tiongkok, Hanya Kalah oleh Stadion di Korut

24 April 2020, 19:45:20 WIB

JawaPos.com – Stadion terbesar di dunia saat ini ada di Korea Utara. Yakni, Rungado 1st May Stadium yang memiliki 114 ribu kursi. Hanya, stadion yang terletak di Pyongyang itu tidak khusus untuk sepak bola. Berbeda dengan Lotus Flower Stadium yang konstruksi pembangunannya dimulai kemarin (23/4).

Sebagaimana saat di-launching sepekan sebelumnya, stadion milik klub Liga Super Tiongkok Guangzhou Evergrande tersebut memiliki kapasitas hingga 100 ribu kursi. Mengungguli kandang FC Barcelona, Camp Nou, dengan 99.354 kursi.

Seperti namanya, bagian luar Lotus Flower Stadium menyerupai bunga lotus sebagai bunga tradisional Tiongkok. Lampu stadion juga bisa berganti-ganti warna saat malam. Persis home ground Bayern Muenchen, Allianz Arena.

Diperkirakan rampung pada akhir 2022, Lotus Flower Stadium membutuhkan bujet USD 1,69 miliar (Rp 26,1 triliun). Stadion itu bakal menggantikan Stadion Tianhe yang ’’hanya’’ berkapasitas 60 ribu kursi. Stadion Tianhe memang masih menjadi milik pemerintah Guangzhou dan tidak khusus untuk sepak bola.

Evergrande Group sebagai pemegang saham terbesar Guangzhou Evergrande kabarnya tidak hanya berfokus membangun Lotus Flower Stadium. Mereka juga menjajaki pembangunan dua stadion lain berkapasitas masing-masing 80 ribu kursi di luar Guangzhou.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : io

Saksikan video menarik berikut ini: