alexametrics

Aktivitas Klub-Klub Dunia di Tengah Pandemi Covid-19 (4-Habis)

Boleh Ikut Latihan asal Tidak Demam
24 Maret 2020, 21:27:18 WIB

JawaPos.com – Rata-rata, klub elite Eropa berlatih secara virtual sepekan ini. Artinya, tidak ada pemain yang berlatih di kamp latihan atau stadion. Klub Bundesliga VfL Wolfsburg adalah klub pertama yang memulainya, Senin pagi waktu setempat (23/3).

Bulan ini belum aman bagi klub-klub Eropa untuk memulai latihan. Sebab, virus korona semakin mewabah di Benua Biru. Otoritas terkait di negara-negara Eropa pun telah menyerukan agar klub-klub tak menjalankan latihan di lapangan karena berpotensi menularkan Covid-19.

Begitu pula Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan Badan Liga Jerman (DFL) di Bundesliga. Namun, klub peringkat ketujuh Bundesliga, VfL Wolfsburg, sudah berani membawa pemainnya latihan normal lagi. ’’Kami mengantongi izin yang luar biasa untuk latihan lagi,’’ klaim Managing Director Joerg Schmadtke sebagaimana dilansir laman Sportbuzzer.

Bukan latihan di VfL-Center, kamp latihannya. Melainkan di Volkswagen Arena, stadion kandang klub berjuluk Die Woelfe tersebut. Itu pun tidak menggunakan lapangan. Tetapi hanya menggunakan area mixed zone. Sesi latihan pertama itu juga sudah ditulis di laman resmi mereka.

Schmadtke menyebutkan, langkah tersebut merupakan upaya klubnya menjaga psikis pemain saat situasi latihan tak bisa normal selama sepekan lalu. ’’Kami harap mood pemain-pemain bisa kembali. Kami pun ingin mendengar apa yang mereka rasakan sepekan terakhir,’’ ujar pria 55 tahun itu.

Meski bisa berlatih, ada beberapa protokol yang harus dijalani anak asuh Oliver Glasner itu. Sebelum memulai sesi latihan, suhu badan Josuha Guilavogui dkk dicek satu per satu. Hanya pemain yang suhu badannya normal yang diizinkan masuk ke lapangan.

Begitu pula ketika sudah di lapangan. Aturan social distancing juga diterapkan. Di lapangan, 30-an pemain itu bakal dibagi menjadi empat sampai lima grup kecil dan posisinya harus menyebar. ’’Sejauh ini, pemain kami baik-baik saja. Belum ada yang terinfeksi (Covid-19),’’ imbuhnya.

Setelah latihan, pemain juga diminta membasuh badan satu per satu. Selain itu, mereka dibersihkan dengan antiseptik. Selain di lapangan, latihan kemarin berlanjut dengan latihan beban di gym. Hari ini, sebagaimana dilaporkan di Kicker, latihan akan dilanjutkan lagi. Namun, masih menunggu keputusan Dewan Direksi Klub besok.

Pekan ini klub-klub lain bisa menyusul Wolfsburg untuk berlatih normal. Salah satunya Arsenal. Terlepas dari pelatihnya, Mikel Arteta, yang dinyatakan positif terpapar korona, klub berjuluk The Gunners itu ternyata telah memikirkan solusi agar Pierre-Emerick Aubameyang dkk bisa menjalankan latihan lagi di London Colney, kamp latihan mereka.

Daily Mail melaporkan, ’’Arsenal berdiskusi dengan staf medis dari seluruh klub Premier League, apakah mereka mengizinkan pemainnya kembali ke kamp latihan atau tidak.’’ Sebab, karantina 14 hari sudah habis dijalani Arteta dan pemainnya hari ini.

Di Serie A, keinginan Lazio untuk menggelar latihan normal pekan ini sudah kendur. Seharusnya, skuad asuhan Simone Inzaghi itu sudah berlatih bareng-bareng di Formello kemarin WIB. Namun, di dalam laman resminya, Il Biancoceleste menyatakan menundanya. ’’Ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan,’’ tulis klub runner-up sementara Serie A itu.

Keputusan Lazio tersebut mengikuti apa yang dilakukan klub Serie A lainnya, Cagliari. Tim yang dibela Radja Nainggolan itu seharusnya berlatih lagi kemarin. Artinya, saat ini cuma Napoli yang belum mengumumkan keputusan. Kalau mengacu pada rencana awal, Lorenzo Insigne dkk sudah kembali berlatih di Castel Volturno, kamp latihannya, besok.


TRIBUTE MANIS LOS MALAGUISTAS

DARI seluruh kontribusi klub-klub dunia selama wabah pandemi korona, aksi dari klub Segunda Division Malaga CF yang paling manis. Sebab, klub berjuluk Los Malaguistas itu mengubah simbol klub menjadi bentuk hati. Namun, mereka tetap mempertahankan warna biru-putih, warna kebesaran Malaga. (ren/c14/bas)
Apa Yang Mereka Lakukan?

LIVERPOOL FC
Mengirim steward untuk membantu penjagaan toko swalayan di Merseyside dari potensi panic buying selama wabah korona.

FC RED BULL SALZBURG
Mengizinkan bagian depan stadionnya, Red Bull Arena, sebagai tempat drive-in untuk mengetes kondisi kesehatan pemakai jalan di Kota Salzburg.

CLUBE DE REGATAS DO FLAMENGO
Membantu menyiapkan Estadio do Maracana sebagai rumah sakit darurat untuk merawat pasien korona di Kota Rio de Janeiro.

MALAGA CF
Mengubah logo klub dengan simbol hati berwarna biru-putih. Itulah tribute kepada para korban pandemi korona. Baik di kawasan Andalusia maupun di seluruh Spanyol.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra



Close Ads