alexametrics
Premier League

City Kehilangan Arteta, Sergio Aguero Jadi Asisten Pelatih Dadakan

23 Desember 2019, 18:00:23 WIB

JawaPos.com – Penyerang Manchester City Sergio Aguero kembali merumput setelah menepi selama 28 hari karena cedera otot paha kanan. Saat City menang 3-1 atas Leicester City kemarin (22/12) di Etihad Stadium, Aguero turun sebagai pemain pengganti Kevin De Bruyne pada injury time.
Ketiga gol City ke gawang The Foxes –julukan Leicester– dihasilkan Riyad Mahrez pada menit ke-30, penalti Ilkay Guendogan (43’), dan Gabriel Jesus (69’). Sementara itu, satu-satunya gol Leicester disumbangkan Jamie Vardy (12’).

Meski tak berandil gol, Aguero punya peran dalam melatih ketajaman para pemain depan. Sebagaimana ditulis Manchester Evening News, sebelum laga dimulai, penyerang asal Argentina berusia 31 tahun itu mengambil peran mantan asisten pelatih City yang hengkang ke Arsenal sebagai pelatih, Mikel Arteta.

’’Arteta biasanya memimpin latihan menembak bola sebelum pertandingan dimulai. Arteta jugalah yang melatih kombinasi satu-dua para pemain di depan gawang,’’ tulis Manchester Evening News. ’’Namun, saat lawan Leicester, Aguero mengambil alih tugas Arteta itu,’’ tambah Manchester Evening News.

Posisi asisten pelatih City pengganti Arteta sebetulnya akan diisi Rodolfo Borrell. Akan tetapi, saat pemanasan pertandingan lawan Leicester, sebagai sosok yang sudah sewindu bergabung dengan City, ternyata Aguero melakukan tugas asisten dadakan itu dengan sukarela.

Pelatih City Pep Guardiola menyatakan, Borrell tetap bersamanya meski sempat diisukan akan dibawa Arteta ke Arsenal sebagai asistennya. ’’Rodolfo (Borrell) tetap bagian dari kami dan kami tak menerima tawaran apa pun dari Arsenal untuknya. Dia akan menggantikan Arteta sebagai asisten pelatih sampai musim panas mendatang,’’ tegas Guardiola soal status Borrell.

Borrell ditarik ke City pada 2014 atau dua tahun sebelum bergabungnya Guardiola. Sebelumnya, pria 48 tahun itu menjabat direktur teknik Akademi Liverpool periode 2009–2014. Karir Borrell sendiri mulai menanjak ketika melatih tim junior Barcelona (1996–2008). Borrell juga pelatih yang sempat menangani Lionel Messi, Cesc Fabregas, dan Andres Iniesta di tim junior.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/cak

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads